in

Pemkab Garut Antusias Penanaman Pohon Serentak dalam Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-41

Hari Bakti Rimbawan

GARUTEXPO– Pemerintah Kabupaten Garut dengan gembira menyambut pelaksanaan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ke-41. Acara berlangsung di Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Kamis (7/3/2024).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Jujun Juansyah, kegiatan ini merupakan bagian dari agenda Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

“Acara ini diagendakan dari Kementerian Lingkungan Hidup, dan barusan kami sudah melakukan penanaman atas apa yang menjadi agenda di Hari Lingkungan Hidup ini,” ucapnya.

Meskipun pelaksanaan penanaman sempat mundur selama 2 bulan, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana, menyatakan upaya mereka untuk mengejar penanaman pohon secara berkelanjutan.

“Pelaksanaan penanaman dilakukan di lahan seluas 2 hektar di Desa Karyamekar dengan menggunakan metode seed ball untuk mencapai keberhasilan dalam penanaman, terutama karena jumlah bibit pohon terbatas,” ungkapnya.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat, Irawan Asaad menjelaskan pelaksanaan ini bukan hanya seremonial, tetapi juga langkah nyata untuk mempercepat rehabilitasi lahan, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat lokal.

“Kegiatan ini akan dilaporkan kepada Kementerian LHK pada kesempatan pertama, sebagai bukti nyata komitmen dalam mendukung rehabilitasi lingkungan,” katanya.

Ditulis oleh Kang Zey

Polsek Kadungora Polres Garut Bantu Bersihkan Material Jalan Amblas Yang Menimpa Rumah Warga

Antisipasi Kendaraan Melebihi Muatan dan Kapasitas: Sat Lantas Polres Garut Hadirkan Inovasi Baru