in

Pj. Bupati Garut: Peringatan Nuzulul Quran Tingkatkan Keimanan Umat

Nuzulul Quran

GARUTEXPO – Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menghadiri dan memberikan sambutan dalam acara Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Garut, Kecamatan Garut Kota, pada Rabu (27/03) 2023. Dalam sambutannya, Barnas menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan untuk merayakan Nuzulul Quran, sembari berharap momen tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat.

“Sehingga kita bisa melaksanakan tugas di dunia dan akhirat, mudah-mudahan kita ada dalam keselamatan dan juga kebarokahan,” ungkap Barnas saat diwawancara usai acara.

Selama bulan Ramadan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Garut mengadakan berbagai kegiatan, termasuk salat tarawih keliling dan pengajian, sebagai upaya untuk memperkuat keimanan umat.

Menjelang Idulfitri 1445 Hijriah, Barnas menegaskan pentingnya memberikan manfaat bagi sesama, termasuk melalui penyaluran zakat fitrah. Dia juga berharap agar pengumpulan zakat fitrah berjalan dengan tertib dan pendistribusiannya tepat sasaran.

Dalam menghadapi libur panjang Idulfitri, meskipun beberapa perkantoran libur, pelayanan vital seperti rumah sakit dan Puskesmas tetap buka untuk melayani pemudik. Barnas menjamin keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan mudik lebaran ke Kabupaten Garut.

“Bagaimana agar perjalanan nyaman, di mana kita menertibkan berbagai hal yang bisa mengganggu, misalnya di pasar-pasar tumpah sudah kita edukasikan, lalu kemudian jalan-jalan berlubang yang terutama di jalan jalan lajur yang banyak kendaraan sudah kita rapihkan, dan InsyaAllah pada waktunya itu kita bisa melaksanakan mudik lebaran dengan aman nyaman,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Barnas juga menyerahkan bantuan hibah sebesar Rp100 juta kepada Masjid Agung Garut, secara simbolis diterima oleh Ketua DKM, KH. Dede Supina. Sebelum salat tarawih, jamaah mendapatkan tausiah dari Dr. KH. Hilman Umar Bashori dari Ponpes Fauzan Sukaresmi Garut, tentang keutamaan Nuzulul Quran, serta ajakan untuk meningkatkan tadarus Alquran dan membumikan Alquran.

Acara dilanjutkan dengan salat tarawih berjamaah, yang dipimpin oleh imam Ketua DKM Masjid Agung Garut.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Pesantren Kilat di SMP Tunas Persada Garut: Membangun Kedisiplinan dan Keharmonisan di Bulan Suci Ramadan

Karya Gambar Cerita: Pengertian, Ciri, dan Fungsinya