in

DPC ARWT Garut Gelar Silaturahmi dan Konsolidasi di Garut Selatan

ARWT

GARUTEXPO– Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) Indonesia Kabupaten Garut menggelar acara silaturahmi dan konsolidasi di Pantai Karang Papak, Cikelet, pada Minggu, 19 Mei 2024. Acara ini bertujuan memperkuat struktur Pimpinan Anak Cabang (PAC) ARWT di wilayah Garut Selatan.

Ketua Umum ARWT Kabupaten Garut, Agus Kusmayadi, S.Pd, dalam sambutannya menyatakan bahwa kehadiran ARWT Kabupaten Garut memposisikan diri sebagai mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan di bidang ekonomi, sosial, pendidikan, budaya keagamaan, dan administrasi masyarakat, sehingga terciptanya Garut yang lebih maju.

“Kehadiran ARWT Kabupaten Garut memposisikan diri sebagai mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan di bidang ekonomi, sosial, pendidikan, budaya keagamaan, dan administrasi masyarakat, sehingga terciptanya Garut yang lebih maju,” ujar Agus Kusmayadi.

Agus Kusmayadi juga menekankan peran penting DPC ARWT Kabupaten Garut dalam mengadvokasi hak dan legalitas RT dan RW agar diakui oleh pemerintah pusat, provinsi, dan khususnya kabupaten.

“DPC ARWT Kabupaten Garut berperan penting dalam mengadvokasi hak dan legalitas RT dan RW, agar diakui oleh pemerintah pusat, provinsi, dan khususnya kabupaten,” tambahnya.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari 17 kecamatan di wilayah Garut Selatan ini juga membahas program-program ARWT Kabupaten Garut, seperti pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, UMKM, serta pelatihan kerja menggunakan aplikasi pemerintah seperti SIAP OK dan Prakerja.

“Sesuai dengan Keputusan Presiden No. 18 Tahun 2018, RT dan RW diberi peran yang lebih luas dalam kebijakan pemerintah desa. Oleh karena itu, RT dan RW di wilayah selatan harus proaktif membantu pemerintah desa dan kecamatan dalam pelayanan publik,” jelas Agus Kusmayadi.

Selain itu, DPC ARWT Garut menyatakan komitmennya untuk mengawal proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baik di tingkat Kabupaten Garut maupun Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Agus Kusmayadi menegaskan pentingnya menjaga integritas dan transparansi dalam setiap tahapan Pilkada.

“Kami menginginkan Pilkada yang jujur dan adil. DPC ARWT Kabupaten Garut akan berperan aktif dalam mengawal proses ini, memastikan bahwa setiap tahapan berjalan sesuai dengan aturan dan prinsip demokrasi,” ungkap Agus Kusmayadi.

ARWT
Ketua Umum DPC ARWT Kabupaten Garut, Agus Kusmayadi, S.Pd Beserta Sekretarisnya Andre Pranawijaya

DPC ARWT Kabupaten Garut berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk KPU, Bawaslu, dan aparat keamanan, guna memastikan Pilkada berjalan lancar dan bebas dari kecurangan.

“Kami akan mengajak seluruh masyarakat, khususnya para RT dan RW, untuk turut serta dalam mengawasi jalannya Pilkada, sehingga dapat tercipta pemilihan yang bersih dan kredibel,” tambahnya.

Dengan dukungan dari ARWT, diharapkan Pilkada di Kabupaten Garut dan Jawa Barat dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang amanah dan mampu membawa perubahan positif bagi daerah dan masyarakat.

ARWT
Pengurus DPC ARWT Kabupaten Garut

Pertemuan konsolidasi dan silaturahmi ini akan dilaksanakan dalam dua gelombang, dengan gelombang pertama difokuskan diwilayah Garut selatan. Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 orang, dengan setiap kecamatan diwakili oleh dua hingga tiga orang.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan struktur organisasi ARWT di Garut Selatan semakin kuat dan dapat lebih efektif dalam mendukung pembangunan daerah serta pelayanan kepada masyarakat.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Halal Bihalal Alumni SMP Pasundan Angkatan 82 Merangkai Mempererat Tali Silaturahmi

Polres Garut Ungkap Sindikat Penjualan Hewan Dilindungi