in

Meski Anggaran Minim, Pelepasan Siswa SMPN 3 Tarogong Kidul Berjalan Meriah dan Sukses

Perpisahan

GARUTEXPO – SMP Negeri 3 Tarogong Kidul berhasil menyelenggarakan acara pelepasan siswa kelas IX tahun ajaran 2023/2024 dengan meriah dan sukses, meskipun menghadapi keterbatasan anggaran. Acara yang berlangsung di kompleks SMP Negeri 3 Tarogong Kidul, Kelurahan Sukakarya, Kabupaten Garut, pada Kamis (20/06/2024), dihadiri oleh seluruh siswa kelas 9, orang tua, guru, staf sekolah, Komite, Babinsa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukakarya, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua Komite SMPN 3 Tarogong Kidul, Drs. H Komarudin, menyampaikan rasa syukurnya atas kesuksesan acara tersebut. “Alhamdulillah kami berhasil menyelenggarakan acara pelepasan yang meriah dan berkesan. Ini berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak, termasuk guru, siswa, dan orang tua,” ujarnya.

H. Komarudin menjelaskan bahwa meskipun dengan anggaran yang terbatas, yaitu hanya Rp175 ribu per siswa kelas 9, acara tetap dapat berjalan lancar. “Padahal SMPN 3 Tarogong Kidul ini berada di wilayah perkotaan, dengan mayoritas orang tua siswa berasal dari kelas menengah ke bawah. Namun, dari anggaran tersebut, hanya 70 persen yang masuk dari total 315 siswa kelas 9. Ditambah donasi dari kelas 7 dan 8 sebesar Rp20 per siswa, itu juga tidak masuk semua, hanya 70 persen yang masuk. Di sini kan giliran ketika kelas 8 naik kelas 9, nanti acara perpisahan akan ada donasi dari adik kelasnya, begitu seterusnya,” sambungnya.

Lebih lanjut, beliau mengatakan dari jumlah 315 siswa, 99 persen melanjutkan ke SLTA Negeri baik SMA ataupun SMK, sementara 1 persen masuk ke pesantren. “Mudah-mudahan siswa yang masuk pesantren menjadi ulama ,” harapnya.

Komarudin juga menyebutkan ada 15 siswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.siswa yang berprestasi mendapatkan penghargaan dari pihak sekolah.

“Kami berharap para siswa yang lulus dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi anak yang sholeh dan berguna bagi nusa dan bangsa. Jangan pernah berhenti belajar. Baik Pendidikan Formal non- Formal dan berusaha. Jadilah generasi yang membanggakan keluarga, sekolah, dan bangsa,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMPN 3 Tarogong Kidul, Drs. Asep Suherman, menjelaskan bahwa acara perpisahan ini juga sekaligus menjadi momen perpisahan dirinya karena akan pensiun pada Oktober 2024 bersama tiga guru lainnya yang juga akan pensiun tahun ini.

“Kami sangat menghargai usaha sekolah dalam menyelenggarakan pelepasan ini meskipun dengan anggaran yang terbatas. Dengan biaya Rp175 ribu per siswa kelas 9, kami tetap dapat menunjukkan dedikasi dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi siswa,” ungkap Asep.

Ia merasa bangga atas pencapaian para siswa yang telah belajar dengan tekun dan menunjukkan prestasi yang membanggakan.

” Semoga ilmu yang telah diperoleh di sini dapat menjadi bekal untuk meraih masa depan yang gemilang. Dan menjadi anak yang soleh, berbakti kepada orang tua, dan sukses,” harapnya.

Acara perpisahan ini dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari siswa, seperti upacara adat, tarian tradisional, paduan suara, dan penampilan musik yang menghibur para siswa dan tamu undangan lainnya.

Salah satu siswa, Rizki Maulana, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para guru dan teman-teman atas kebersamaan selama tiga tahun ini. “Terima kasih kepada semua guru yang telah membimbing kami, dan kepada teman-teman atas kenangan indah yang telah kita lalui bersama. Semoga kita semua sukses di masa depan,” kata Rizki.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan salam perpisahan antara siswa, guru, dan orang tua. Momen ini menjadi kenangan manis yang akan selalu diingat oleh para siswa kelas 9 SMPN 3 Tarogong Kidul.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Sat Samapta Polres Garut Amankan Aksi Unjuk Rasa Kammi di Kantor Kejari

Dies Natalis FPPG Ke-9, Ketum FPPG: Tetap Kritis dan Harus Lebih Bermanfaat Bagi Sesama