in

Bunda Literasi Garut Apresiasi Program Talenta GLN Gareulis Jabar dalam Mendorong Kemampuan Literasi

Bunda Literasi Talenta GLN

GARUTEXPO– Bunda Literasi Kabupaten Garut, Sri Kartika Barnas Adjidin, memberikan apresiasi kepada Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Jawa Barat atas inisiasi program Talenta. Program ini bertujuan untuk mendorong kemampuan literasi di keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Sri Kartika menyampaikan pentingnya literasi dalam membentuk sikap, perilaku, dan kreativitas dalam acara Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pameran Tantangan Literasi Nusantara (Talenta) dengan tema “Literat Unggul Sejahtera.”

Acara tersebut berlangsung di Aula Al Musaddadiyah, Jalan Mayor Syamsu, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pada Sabtu (03/02/2024). Sri Kartika mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam kegiatan literasi melalui GLN, dengan harapan memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam menumbuhkembangkan literasi sepanjang hayat.

Sebagai Bunda Literasi, Sri Kartika berharap Program Talenta dapat menghasilkan karya inspiratif dan mendorong gerakan literasi di daerah. “Menularkan semangat, dan mendorong gerakan literasi di daerah, melakukan program kegiatan yang bersifat edukatif dan produktif,” ucapnya.

Ketua Umum GLN Gareulis Jabar, R. Yulia Yulianti, menjelaskan bahwa Talenta tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Garut dan Jawa Barat, tetapi juga di seluruh Indonesia. Melibatkan peserta dari berbagai latar belakang, kegiatan ini berlangsung selama 10 bulan dengan 10 tantangan literasi, termasuk diklat literasi, membaca, menulis, dan pameran literasi.

Yulia berharap program ini dapat meningkatkan literasi peserta didik dari berbagai kalangan. Program Talenta juga akan melibatkan penilaian dan penghargaan pada acara awarding di bulan Mei nanti. “Jadi ini adalah kegiatan kecil yang kami lakukan, mudah-mudahan setelah ini menjadi perhatian bagi para dewan,” tandasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Garut, Totong, menyambut baik pelaksanaan Monev Talenta yang telah berlangsung selama 1 tahun. Ia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan generasi literat dengan minat baca dan keterampilan literasi yang tinggi, terutama di lingkungan sekolah.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

14 Orang di Garut Keracunan Makanan

Koni Garut Anggarkan 75 Juta Rupiah untuk KOK, Optimalkan Partisipasi Cabang Olah Raga di Porkab 2024