in

Kelembagaan Desa Karangtengah Giatkan Kerja Bakti Bersihkan Selokan untuk Cegah Banjir

GARUTEXPO.COM– Warga Desa Karangtengah, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, bersatu dalam kegiatan kerja bakti membersihkan selokan di Lingkungan RW 09 dan 10 Desa Karangtengah pada Rabu, 20 Desember 2023.

Kegiatan berlangsung dari pukul 07.00 hingga 15.30 WIB.selama empat hari, di warnai semangat tinggi warga dalam membersihkan selokan sepanjang Lingkungan Rw 09/10, Desa Karangtengah

Ketua BPD Karangtengah, Agus Junaedi, menjelaskan bahwa kerja bakti ini tidak hanya bertujuan untuk mencegah banjir di lingkungan tersebut, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Selokan perlu dibersihkan agar tidak terjadi banjir karena sebelumnya selokan tersebut sering menjadi landasan banjir saat musim penghujan. Kami menggunakan alat beko dari dinas PUPR untuk membersihkan selokan,” terangnya.

Kegiatan ini juga diarahkan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sebagai langkah menjaga kesehatan, kenyamanan, keindahan, dan keasrian lingkungan.

“Tujuan dari kegiatan bersih-bersih ini adalah agar lingkungan Desa bebas dari banjir dan selalu asri serta nyaman bagi kita semua. Selain menjaga kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat, khususnya di Desa Karangtengah,” ujarnya.

Partisipasi dalam kegiatan ini melibatkan tidak hanya warga, tetapi juga Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM, karangtaruna, serta Ketua RT/RW Desa Karangtengah.

Agus berharap adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, sehingga kebersihan lingkungan dapat terus terjaga.

“Kegiatan ini didanai secara swadaya oleh masyarakat, termasuk untuk biaya makan para pekerja, yang dikumpulkan secara bergiliran dengan koordinator ketua dusun 3, yakni Ulloh, yang juga merupakan salah satu donatur kegiatan ini,” tutur Agus.(Juhana)

Ditulis oleh Kang Zey

Pelantikan Ketua Posbakum LBH Balinkras di Cafe Moonterace, Garut: Awal Kepemimpinan Baru yang Penuh Harapan

Konsumen Geram, Laporkan Bank Mandiri Cabang Garut ke BPSK Terkait Sengketa Rp30 Juta