in

Meriahnya Kegiatan Haflah Akhirussanah Tahun Pelajaran 2023/2024 di MIN 4 Garut

Haflah

GARUTEXPO– Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Garut menggelar haflah akhirussanah yang diisi dengan rangkaian kegiatan, yaitu perpisahan kelas VI, kenaikan kelas I-V, wisuda tahfidz Juz 30 angkatan pertama, dan gelar karya P5P2RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) yang berlangsung di Kompleks MIN  4 Garut, Desa Cinisti, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Sabtu, 22 Juni 2024.

Acara yang berlangsung meriah dan penuh haru ini dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Garut, Sekretaris Kecamatan Bayongbong, Kepala Desa Cinisti, Ketua MUI Desa Cinisti, pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Bayongbong, Komite Madrasah, orang tua siswa, serta tamu lainnya.

Acara dimulai dengan penampilan kreasi seni dari kelas I-V, dilanjutkan dengan sambung ayat Surat An-Naba oleh para wisudawan tahfidz, dan kemudian sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana, Kepala MIN 4 Garut, Komite Madrasah, serta Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Garut. Acara dilanjutkan dengan prosesi pelepasan kelas VI MIN 4 Garut tahun pelajaran 2023/2024 dan pengumuman juara kelas, dan ditutup dengan drama musikal anti-bullying.

Dalam sambutannya, Dadang Subki, S.Pd.I selaku ketua pelaksana menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan Haflah Akhirussanah tahun ini. “Semoga pengorbanannya dibalas Allah SWT. Give to the world the best you have and the best will come back to you,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MIN 4 Garut, Ujang Solahudin, S.Pd.I, MM, dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga dan harunya atas pencapaian para siswa karena semua siswa kelas VI dinyatakan lulus dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami pun bangga karena terdapat 10 siswa yang telah menyelesaikan hafalannya, ada yang 1 Juz, 2 Juz, dan kami juga merasa bangga karena kelas I dan IV telah meramaikan Haflah Akhirussanah tahun ini dengan melaksanakan gelar karya P5P2RA yang merupakan amanah dari pelaksanaan kurikulum merdeka,” ujarnya.

Haflah

Lebih lanjut, Ujang menyampaikan jumlah lulusan tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 76 siswa dan untuk yang mendaftar di tahun ajaran baru 2024/2025 sudah melebihi 100 siswa.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah menitipkan putra-putrinya untuk menimba ilmu di madrasah kami, semoga kami dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi,” pungkas Ujang Solahudin.

Ketua Komite Madrasah, Ust. Husen, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak madrasah yang telah mendidik dan mencetak putra-putri menjadi anak yang berilmu dan berakhlakul karimah. “Semoga Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garut semakin jaya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Garut, H. Surya Mulyana, M.Ag, menyampaikan bahwa siswa-siswi kelas VI MIN 4 Garut yang akan dilepas hari ini harus merasa bangga karena acara pelepasannya dihadiri oleh para tokoh.

“Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Kami juga ucapkan terima kasih kepada MIN 4 Garut yang telah mampu mempertahankan eksistensi madrasah di tengah pergeseran zaman, karena di madrasah anak-anak dididik dengan pendidikan umum dan agama yang seimbang. Bahkan, semakin hari siswa di MIN 4 Garut semakin bertambah banyak, hal ini dapat terwujud berkat adanya kebersamaan dari semua pihak,” pungkasnya.

Koordinator: Wahyu

Ditulis oleh Kang Zey

MI Nurul Falah Samarang Gelar Pelepasan Siswa Kelas VI dan Kenaikan Kelas dengan Meriah

Warga Desa Cibunar Sumringah Terima Bantuan Beras dari Pemerintah