in

Pemkab Garut Resmi Deklarasikan Kecamatan Tangguh Bencana 2024

Deklarasi bencana

GARUTEXPO– Pemerintah Kabupaten Garut secara resmi mendeklarasikan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) untuk tahun 2024. Pengumuman tersebut dilakukan seiring dengan Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2024. Acara berlangsung di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (4/3/2024).

Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, memimpin kegiatan apel yang juga melibatkan pembacaan deklarasi Kencana oleh Camat Tarogong Kidul, Ahmad Mawardi. Dalam sambutannya, Barnas mengingatkan bahwa keindahan Kabupaten Garut tidak luput dari risiko bencana, memaksa semua pihak untuk siap menghadapi ketidakpastian bencana.

“Tentu ini harus disikapi dengan profesional, kita harus mengetahui daerah-daerah rawan bencana dan melakukan mitigasi dengan langkah-langkah yang cepat, tepat, dan tuntas,” ujar Barnas.

Ia juga menekankan perlunya standar operasional prosedur (SOP) yang disepakati oleh semua pihak guna memastikan kesiapan dalam menghadapi bencana.

Pada kesempatan tersebut, Barnas berterima kasih kepada TNI/Polri dan semua jajaran yang telah berkontribusi dalam penanganan berbagai kebencanaan di Kabupaten Garut. Ia juga menyoroti pentingnya melibatkan sumber daya manusia (SDM) berpengetahuan kebencanaan dalam respons terhadap bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Aah Anwar Saepuloh, menjelaskan bahwa Deklarasi Kencana ini bertujuan untuk meningkatkan penanggulangan bencana di tingkat kecamatan dan mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) sub urusan bencana. Program Kencana mencakup pendataan wilayah rawan bencana, penyelamatan korban, dan pemenuhan kebutuhan dasar saat darurat bencana di wilayah kecamatan.

“Meski hampir seluruh wilayah Kabupaten Garut terkena dampak bencana hidrometeorologi, status bencana masih dalam kategori siaga darurat karena insiden yang terjadi masih bersifat lokal dan tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Apel gabungan ini juga menjadi momentum pengukuhan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Garut untuk periode 2024-2029, dengan Lina Marlina Nurdin Yana kembali menjabat sebagai Ketua DWP Kabupaten Garut.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Polsek Banjarwangi Polres Garut Cek TKP Kecelakaan di Jalan Raya Cikajang Pameungpeuk

Jalan Kabupaten Menuju Tiga Desa di Kecamatan Cikelet Terbengkalai, Warga Was-was