in

Polsek Cikajang Cek Dampak Longsor di Kampung Sawah

Becana longsor cikanag

GARUTEXPO– Polsek Cikajang Polres Garut turun tangan langsung dalam menanggapi bencana tanah longsor yang melanda Kampung Sawah, Jalan Rt 08 Rw 04, Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Senin, 05 Februari 2024.

Kapolres Garut, AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, memerintahkan agar Polsek Jajaran tetap sigap dalam menanggapi laporan masyarakat terkait kejadian tersebut, seperti yang diungkapkan oleh Kapolsek Cikajang, AKP Patri Arsono, SH.

Menurut Patri, tanah longsor disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi, mencapai ketinggian 20 meter dan lebar sekitar 25 meter pada pukul 15.00 WIB. Dampaknya, satu unit bangunan penggiling padi semi permanen milik H. Oop (49), satu kolam, dan lima tumbak sawah milik Sdr. Ahdan (70) tertimpa material longsor.

“Dalam penanganan bencana ini, kami berkolaborasi dengan FKPM P, tim PUPR, aparatur Desa Cipangramatan, dan warga sekitar untuk segera membersihkan material longsor. Khawatir adanya longsor susulan,” ujarnya.

Polsek Cikajang mengimbau pemilik warung dan rumah di sekitar lokasi untuk sementara waktu mengungsi. Saat ini, 5 rumah warga sudah mengungsi ke tempat saudaranya, termasuk Sdr. Tisna (52), Sdr. Aab Abdulah (47), Sdri. Nunih Rosmiati (47), Sdr. Ahdan (70), dan Sdri. Aisyah (65).

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sementara kerugian materiil masih dalam perhitungan,” tandas Patri.

Meskipun demikian, jalan yang menghubungkan Desa Cipangramatan dan Desa Jayabakti sudah dapat dilalui.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Menhub RI Apresiasi Kebersihan dan Layanan Prima Terminal Guntur

Bencana Longsor dan Angin Puting Beliung Terjang Beberapa Daerah di Garut