in

Wabup Garut Dorong Desa Anti Korupsi

Zona Integritas sebagai Langkah Serius dalam Pencegahan Korupsi

GARUTEXPO– Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, memimpin acara Pencanangan Komitmen Bersama Pembentukan Desa Anti Korupsi di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Jalan Raya Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis, 28 Desember 2023. Dalam acara yang dihadiri oleh kepala desa dari seluruh Kabupaten Garut, Helmi Budiman menekankan pentingnya pembentukan zona integritas sebagai langkah preventif dan promotif dalam mencegah korupsi di tingkat desa.

“Kami mengikuti arahan KPK untuk membangun zona-zona integritas, yang tidak hanya penting di pemerintah daerah, tapi juga di pemerintahan desa,” ujar Helmi Budiman.

Helmi Budiman menyoroti Desa Wanajaya di Kecamatan Wanaraja sebagai contoh sukses dalam pembentukan zona integritas. Ia berharap desa-desa lain dapat mengikuti inisiatif serupa untuk memudahkan pembinaan dan pengawasan.

Wabup Garut juga mengungkapkan adanya kasus korupsi di Kabupaten Garut, dengan dua kasus yang sudah inkrah dan tiga masih dalam proses penyidikan. Pembentukan zona integritas diharapkan dapat mengurangi, bahkan mengeliminasi, peluang korupsi.

Helmi Budiman mengajak kepala desa untuk bekerja dengan integritas dan mendukung sistem pencegahan korupsi. “Kami membutuhkan kerja keras dan sistem yang solid untuk mencegah korupsi, termasuk administrasi yang teratur dan peraturan yang jelas,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Wabup Garut mengimbau kepala desa untuk saling mengingatkan dan berkonsultasi dalam hal pencegahan korupsi, termasuk berkonsultasi dengan Inspektorat Daerah. “Segera tindaklanjuti rekomendasi dari Inspektorat untuk perbaikan dan pencegahan korupsi,” tegasnya, menutup acara tersebut.

Kepala Desa Wanajaya, Iip Firman Nurdin, menyatakan bahwa dipilihnya Desa Wanajaya sebagai desa percontohan anti korupsi merupakan komitmen dalam menciptakan wilayah bebas korupsi. “Desa ramah dan layak anak, tetapi juga desa percontohan anti korupsi. Ada WBK, wilayah bebas korupsi, ada WBBM, wilayah birokrasi bersih dan melayani,” ucapnya.

Iip menegaskan, sebagai desa percontohan anti korupsi, pihaknya menekankan kepada seluruh perangkat desa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sepenuh hati. Dalam sosialisasi zona integritas, ia mengajak semua elemen desa untuk bersatu melawan tindakan korupsi.

“Harapan saya untuk dibangunnya zona integritas di Desa Wanajaya, mudah-mudahan ini menjadi cikal bakal dan menjadi benteng terakhir selama saya menjabat sebagai kepala desa,” tandas Iip Firman Nurdin.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Saluran Irigasi di Desa Kolot Berubah Menjadi Tempat Wisata Ramah Anak dan Santai

Karena Lapuk Dimakan Usia, Rumah Warga Kampung Pamoyanan Sukagalih Garut Mendadak Ambruk