in

Karena Lapuk Dimakan Usia, Rumah Warga Kampung Pamoyanan Sukagalih Garut Mendadak Ambruk

GARUTEXPO– Sebuah rumah di Kampung Pamoyanan RT 06 RW 01, Kelurahan Sukagalih,Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, secara tiba-tiba mendadak ambruk di sore hari jelang Magrib, Jum’at, 29 Desember 2023. Bangunan rumah diduga sudah lapuk termakan usia hingga rubuh seluruhnya.

Hal tersebut dikatakan oleh salah seorang warga sekitar, Rosidin (52). Menurut dia, saat itu orang sudah pada sepi karena menjelang sholat magrib, namun secara tiba-tiba ada suara gemuruh yang sangat keras, saya kira itu suara angin atau gemuruh kilat. Ternyata setelah di lihat rumah yang ada di depan rumah saya ambruk.

“Awalnya yang saya lihat telah terjadi sebuah keretakan rumah pada sebelah timur bagian belakang yaitu dapur, setelahnya ambruk sebesar 90 persen di rumah Apid Sumarsana (49), Kondisi rumah berukuran panjang 10 meter dengan lebar tujuh meter tersebut memang dilaporkan sudah dalam kondisi rapuh, sedangkan pemilik belum memiliki dana untuk memperbaikinya,” ujar Rosidin.

Pada saat kejadian, pemilik rumah, berada di rumah yang sebelahnya bersama ke tiga anaknya, jadi atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya barang-barang mengalami kerusakan akibat dari tertimpa reruntuhan, sedangkan untuk kerugian belum diperkirakan

“Ya kalau untuk kerugian hingga saat ini belum bisa di hitung atau di dilaporkan, kalau korban jiwa maupun luka berat dan luka ringan tidak ada. Mungkin untuk sementara barang-barang berupa, kasur, alat-alat Elektronic dievakuasi ke rumah korban di sebelahnya,” kata Rosidin.

Sementara pemilik rumah mengungsi di rumahnya yang bersebelahan dengan rumah yang ambruk , pantauan awak media pihak Kelurahan, tim BPBD dan Tim Tagana belum turun ke tempat kejadian rumah ambruk tersebut, sedangkan yang nampak terlihat hanya ketua RT 06 saja, kejadian di perkirakan pada pukul, 17’55 Wib. (Diky)

Ditulis oleh Kang Zey

Wabup Garut Dorong Desa Anti Korupsi

Sejarah Kota Bandung Kota Kembang Yang Penuh Dengan Beragam Sejarah