in

5 Tips Edit Foto Online Menggunakan Smartphone

Edit Foto

Smartphone sekarang sudah sangat mampu untuk mengerjakan apa yang kita butuhkan, hampir sama canggihnya seperti komputer.

Nyatanya, ada banyak fotografer yang sekarang bahkan mengandalkan aplikasi mobile untuk membantu mereka mengambil gambar terbaik.

Di dalam artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa tips edit foto sehingga bisa memaksimalkan kemampuan foto dengan gadget.

1. Jangan Bergantung Pada Editing

Edit Foto

Salah satu cara untuk mendapatkan foto yang baik adalah dengan tidak terlalu bergantung pada editor foto.

Memang, artikel ini adalah tips untuk mengedit foto, tapi sebisa mungkin ambillah sebaik mungkin. Sehingga kita tidak perlu menggunakan aplikasi edit foto sama sekali.

Dengan membiasakan diri, kita akan lebih fokus pada mengambil gambar yang memang sudah baik dari sananya. Sehingga tidak perlu bekerja dua kali untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Walau begitu, tentu kita paham bahwa tidak mungkin mengambil gambar yang sempurna terus-menerus, karenanya kita harus mempelajari cara edit foto online maupun tidak.

Baca Juga : 5 Trik Rahasia Edit Foto Online Ala Profesional Ini, Wajib Diikuti!

2. Gunakan Website Edit Photo Online

Edit Foto

Memang, saat ini ada banyak aplikasi editing foto yang bisa langsung diinstall ke dalam smartphone. Hanya saja, aplikasi tersebut tentu memakan memori dan kapasitan smartphone. Karenanya, kita perlu mensiasati hal ini.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan website edit foto online. Ada banyak website edit foto online. Salah satunya adalah Canva dan masih banyak lagi seperti CAPCUT, Picsart, Pixlr,SnapEdit.

Hal yang menguntungkan dari situs edit foto online adalah mereka menyediakan photo editor yang mudah digunakan. Sehingga bisa digunakan oleh banyak orang, bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggunakan editor photo.

Setelah kita mengedit, kita bahkan bisa langsung membagikannya ke sosial media yang kita miliki. Sehingga tidak merepotkan.

3. Jangan Terlalu Lebay

Edit Foto

Mengedit memang membuat kita bisa mempercantik foto yang sudah diambil. Hanya saja, jangan melakukannya secara berlebihan.

Hal ini karena foto yang diedit secara berlebihan bisa sangat menggangu hasilnya. Sehingga nantinya akan membuat foto menjadi sangat aneh dilihat.

Ingat tips pertama, sebisa mungkin kita mengambil foto tanpa harus mengeditnya. Hal ini memungkinkan kita untuk tidak terlalu berlebihan untuk mengedit foto.

Jadi, pastikan foto yang diambil fokus, memiliki contrast yang cukup, cahaya yang cukup, warna yang cukup, sampai dengan frame dan angle yang diinginkan.

Kita bisa mengedit cahaya dari foto yang kita ambil, tapi jika terlalu diedit, maka foto yang tadinya gelap akan menjadi pecah-pecah saat kita beri tambahan cahaya di proses editing.

4. Jangan Asal Simpan atau Save

Tentu, kita ingin segera menggunakan foto yang sudah kita edit. Hasilnya, kita sering terburu-buru untuk menyimpan atau save foto yang sudah kita edit.

Tapi, sebaiknya kita menyimpannya ke dalam file dengan nama lain. Jangan sampai kita menimpa dan menghapuskan foto asli yang kita edit.

Karena, bisa jadi kita kurang sreg dengan editan yang kita lakukan. JAdi, kita bisa mengeditnya dari nol. Sampai kita mengapatkan hasil foto yang sangat kita inginkan.

5. Gunakan Aplikasi Editing Pihak Ketiga

Kita juga bisa menggunakan aplikasi editing pihak ketiga. Ada banyak aplikasi editor foto yang bisa kita gunakan.

Hanya saja, seperti yang kita sebutkan tadi, aplikasi ini biasanya memakan memori dan kapasitas smartphone yang cukup besar. Sehingga memakan tempat.

Tapi, jika itu bukan masalah karena memori smartphone yang dimiliki berkapasitas besar, maka tidak ada salahnya menggunakan aplikasi ini.

Memilih aplikasi editing foto adalah susah-susah gampang. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencari aplikasi editing yang gratis, tanpa memberikan watermark dari hasil foto yang diedit.

Setelah itu, kita tinggal memilih aplikasi sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan. Misalnya, untuk mengedit foto dengan sedikit profesional, kita bisa mendownload Lightroom; aplikasi dari Adobe yang memang juga memiliki sofware untuk desktop dan laptop.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan snapseed jika kita ingin memberikan efek yang tidak banyak orang punya.

Jika kita ingin menggunakan filter untuk foto yang kita edit, sebaiknya kita menggunakan VSCO yang memang memiliki banyak filter untuk dimanfaatkan.

Jangan segan menambah pengetahuanmu tentang teknologi melalui laman Garutexpo.com.

Terima kasih

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

Inilah Perlengkapan Medis untuk Futsal yang Harus Dibawa Saat Tanding

Warga Desa Pasirwangi Antusias Ikuti Penyuluhan BPN: Proses Pendaftaran Tanah Sistematis Segera Dimulai