in

Warga Desa Pasirwangi Antusias Ikuti Penyuluhan BPN: Proses Pendaftaran Tanah Sistematis Segera Dimulai

Sertifikat tanah

GARUTEXPO – Warga Desa Pasirwangi memperlihatkan antusiasme tinggi saat mengikuti penyuluhan yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Garut. Acara tersebut, yang berlangsung di Gor Desa Sirnajaya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Selasa, 27 Februari 2024, bertujuan untuk memperkenalkan proses pendaftaran tanah sistematis kepada masyarakat setempat.

Penyuluhan ini dianggap sebagai langkah awal yang penting dalam memberikan kepastian hukum dan hak atas tanah bagi penduduk Desa Pasirwangi. Proses pendaftaran tanah sistematis akan segera dimulai secara serentak, mencakup seluruh obyek pendaftaran tanah yang masih belum terdaftar di wilayah desa tersebut.

Program ini merupakan inisiatif dari pemerintah, yang bertujuan untuk memberikan jaminan kepastian hukum kepada masyarakat terkait kepemilikan tanah mereka.

Kepala Desa Pasirwangi, Bambang Hermawan, menyambut baik langkah ini dan mengatakan, Pendaftaran tanah sistematis ini sangat penting untuk memberikan kejelasan hak atas tanah kepada warga.

“Dengan proses yang dilakukan secara serentak, diharapkan seluruh tanah yang belum terdaftar dapat segera mendapatkan status legal,” tandasnya.

Dalam acara tersebut, petugas BPN memberikan informasi rinci mengenai tahapan pendaftaran, persyaratan yang harus dipenuhi, dan manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat setelah tanah mereka terdaftar secara sistematis.

Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung, sehingga mereka dapat memahami proses pendaftaran dengan baik. Program ini diharapkan tidak hanya memberikan kepastian hukum, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan dan ketenteraman masyarakat Desa Pasirwangi melalui kepemilikan tanah yang tercatat secara resmi.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

5 Tips Edit Foto Online Menggunakan Smartphone

Kenaikan Tarif Tol Dipertanyakan di Tengah Lonjakan Harga Pangan