in , , ,

Ketua Dekranasda Garut, Resmikan Gapura Kampung Batik

” Paledang untuk Memajukan Budaya Garut”

Peresmian Gapura Kampung Batik Paledang Garut

GARUTEXPO – Dengan penuh semangat, Hj. Diah Kurniasari, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut, meresmikan Gapura Kampung Batik Paledang di RW.11, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, pada Jumat, 19 Januari 2024. Peresmian ini menjadi tonggak bersejarah dalam upaya pelestarian dan pengembangan budaya lokal, terutama warisan berharga batik Garutan.

Dalam sambutannya, Hj. Diah Kurniasari menegaskan pentingnya melestarikan dan mengembangkan budaya lokal sebagai bagian dari identitas dan kekayaan daerah.

“Peresmian Gapura Kampung Batik Paledang ini menjadi bukti komitmen kita dalam melestarikan kekayaan budaya Garut. Batik Garutan merupakan warisan berharga yang perlu dijaga, dikembangkan, dan diwariskan kepada generasi selanjutnya,” ucapnya.

Acara peresmian dihadiri oleh masyarakat setempat, perwakilan pemerintah daerah, pelaku usaha batik, dan tokoh masyarakat. Selain menjadi momen peresmian, acara ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk batik khas Garut kepada pengunjung yang hadir.

Sebagai dukungan terhadap industri batik lokal, Ketua Dekranasda Kabupaten Garut menyampaikan bahwa pemerintah turut serta dalam mendorong kemajuan batik Garutan.

“Upaya pemerintah alhamdulillah kita sudah membentuk koperasi. Dengan melibatkan masyarakat dan pelaku usaha batik lokal, kita dapat menghasilkan karya-karya batik yang memiliki nilai seni tinggi dan bersaing di pasar nasional maupun internasional,” tambahnya.

Peresmian Gapura Kampung Batik Paledang Garut
Suasana Peresmian Gapura Kampung Batik Paledang di RW 11 Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Jumat, 19 Januari 2024.

Gapura Kampung Batik Paledang tidak hanya menjadi simbol keberagaman seni batik Garut, melainkan juga sebagai inisiatif untuk menggerakkan ekonomi lokal. Diharapkan, destinasi wisata budaya ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan, memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat sekitar, dan mendukung program pariwisata Garut.

Masyarakat setempat memberikan respons positif terhadap peresmian Gapura Kampung Batik Paledang. Kang Anting, selaku ketua RW di kawasan tersebut, menyampaikan apresiasinya terhadap upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor batik.

“Kami berterima kasih kepada Ibu Hj. Diah Kurniasari dan pemerintah daerah atas dukungannya. Semoga ini menjadi langkah awal menuju perkembangan yang lebih baik untuk batik Garut,” ujarnya.

Peresmian Gapura Kampung Batik Paledang diharapkan menjadi pemicu semangat melestarikan budaya lokal, meningkatkan kreativitas para pelaku usaha batik, dan mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Garut.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Bencana Tanah Longsor di Garut, Timbun Akses Jalan

Wabup Garut Dorong Investasi Beras Basmati