in

Pemedes Padamukti Garut Gelar Musrembang RKPDes 2025 untuk Kemajuan Desa

Musrenbangdes Padamukti Penyusunan RKPD TA 2025

GARUTEXPO – Pemerintahan Desa Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Desa (RKPDes) tahun 2025.

Acara yang berlangsung di aula desa, Kamis, 18 Januari 2024, dihadiri oleh Kepala Desa Padamukti, Ali M Abdullah, beserta unsur Forkopimcam Sukaresmi, Lembaga BPD, LMP, Ketua RT/RW, Kader PKK, dan tokoh masyarakat.

Ali M Abdullah, dalam kesempatanya , menekankan pentingnya Musrenbangdes sebagai mekanisme penyerapan aspirasi dari seluruh lapisan masyarakat. Sebelumnya, dilakukan Musyawarah Dusun (Musdus) untuk merumuskan aspirasi masyarakat.

“Melalui Musrenbangdes, Pemdes mendengar dan menampung aspirasi serta ide-ide masyarakat, menciptakan sinergi antara Pemdes dan masyarakat untuk kemajuan desa. Sebelumnya, kami telah melaksanakan Musdus sebagai langkah awal dalam menyerap aspirasi masyarakat,” ujar Ali M Abdullah.

Musrenbangdes Padamukti Penyusunan RKPD TA 2025
Suasana Musrenbangdes penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2025, di Aula Desa Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Kamis 18 Januari 2024.

Dia berharap program yang diusulkan dalam Musrenbangdes dapat diakomodir dalam Musrenbang Kecamatan dan Daerah, mendorong pembangunan serta peningkatan infrastruktur desa pada tahun 2025.

Ketua BPD Padamukti, Ahmad Hanapiah, menyatakan bahwa RKPDes tahun anggaran 2025 didasarkan pada aspirasi masyarakat yang terhimpun melalui Musyawarah Dusun (Musdus) Ahmad menyoroti peran penting pendidikan dalam siklus perekonomian desa, mendukung visi desa Padamukti menuju desa emas.

“Musrernbang ini diadakan untuk mengakomodir program pembangunan, terutama di sektor pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan sesuai dengan aspirasi warga yang tercantum dalam Peraturan Desa tentang RKPDes,” ucap Ahmad Hanapiah, seraya berharap agar Musrembang pemerintah desa dapat berhasil menampung aspirasi dan dijalankan dengan baik.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Pembangunan Pabrik Alas Kaki di Cibatu Disegel

Konsep Wedding Outdoor Pilihan Yang Bagus Dan Cocok Buat Kamu