in

Lebih dari 515 KK Terdampak Bencana Gelombang Pasang: Pj Bupati Garut Tinjau Lokasi

GARUTEXPO Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, melakukan peninjauan langsung di Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Sabtu (16/3/2024), di mana lebih dari 515 Kepala Keluarga (KK) terdampak oleh bencana gelombang pasang.

Barnas menegaskan perlunya penanganan cepat dan tepat, sementara pihaknya terus melakukan validasi data terkait jumlah warga maupun infrastruktur yang terdampak, termasuk jumlah kapal dan bangunan gazebo.

Dalam upaya merespons krisis ini, Pj. Bupati menyatakan akan memberikan bantuan stimulan jaminan hidup kepada masyarakat terdampak, serta terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Barnas juga mengimbau para nelayan untuk mematuhi himbauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta menekankan bahwa keselamatan nyawa harus menjadi prioritas utama.

“Sekali lagi kami pemerintah insya Allah akan sekuat tenaga untuk memberikan bantuan, yang memang memungkinkan untuk diberikan bantuan, jadi Bapak Ibu tenang saja, kalau tidak melaut nanti kita beras dan lain sebagainya kita siapkan,” tandasnya.

Pemerintah Kabupaten Garut menyatakan keprihatinan dan turut merasakan kesulitan yang dirasakan oleh para nelayan. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk bahu-membahu menyelesaikan permasalahan ini, sehingga para nelayan bisa melakukan aktivitas normal seperti sedia kala.

Berdasarkan informasi terkini, akibat gelombang pasang yang terjadi tanggal 14 Maret 2024 lalu, selain Pantai Rancabuaya, setidaknya ada 4 pantai lain yang terdampak, mulai dari Pantai Cipunaga dan Pantai Cijeruk Kecamatan Cibalong, Pantai Cimuara Kecamatan Pakenjeng, dan Pantai Citangeuleuk Kecamatan Mekarmukti.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Kapolres Garut Dan Jajaran Bagikan Takjil Ramadan Bagi Pengendara

Kadispora Garut Resmi Buka Turnamen Sepakbola ‘Piala Kadispora’ U 40