in ,

Pelatihan Peningkatan Kompetensi untuk Dukung Pariwisata di Kabupaten Garut

GARUTEXPO– Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (INDAG) Kabupaten Garut menyelenggarakan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pengurus Perdagangan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2023. Acara berlangsung di Fave Hotel, Jalan Raya Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis, 28 Desember 2023.

Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat memahami pentingnya komunikasi publik dalam mendukung kepariwisataan di wilayahnya. Fokusnya adalah program pembangunan sentra industri olahan cabe, khususnya di Desa MekarSari, Cikajang. Diharapkan, partisipasi masyarakat dapat menjadikan desa tersebut sebagai argo industri dan sentra industri kecil menengah prodak (SIPOP).

Dalam sesi pelatihan, peserta diberikan pemahaman mendalam tentang budidaya cabe, potensinya dalam ekonomi lokal, dan bagaimana olahan cabe dapat menjadi daya tarik pariwisata. Pelatihan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung hilirisasi pertanian dan peningkatan pengetahuan masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Garut, Ridwan Ependi, mengungkapkan pelatihan ini tidak hanya sekadar penyampaian informasi, tetapi juga bagaimana pemerintah desa dapat bekerjasama dengan masyarakat untuk menanam cabe di area sekitar rumah.

“Hal ini tidak hanya memberikan nilai tambah ekonomi, tetapi juga mendukung kebersihan dan keindahan lingkungan.”ujarnya.

Kepala Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Agus Nurjaman, menyatakan apresiasi dan dukungan masyarakat terhadap pelatihan ini.

“Kami bersyukur atas program ini, dan kami siap bekerjasama untuk menjadikan Desa Mekarsari sebagai contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Garut. Sentral IKM dan SIPOP di desa kami diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar,” katanya.

Program pelatihan ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Garut dalam mengembangkan sektor pariwisata melalui penguatan industri lokal. Dengan dukungan masyarakat dan pemahaman yang mendalam tentang potensi lokal, diharapkan Kabupaten Garut dapat terus berkembang sebagai destinasi pariwisata yang menarik.(Agus Sulaeman)

Ditulis oleh Kang Zey

Rumah Dinas Bidan Desa Mekarasih Malangbong, Nyaris Roboh karena Kerapuhan Struktur

Bupati Garut Resmikan Empat Gedung Baru dan Terminal Limbangan