in

Peluncuran Aplikasi OpenSRP dan Digitalisasi Kunjungan Rumah Membuka Era Baru Pelayanan Kesehatan Primer di Garut

Aplikasi

GARUTEXPO – Aplikasi Open Smart Register Platform (OpenSRP) dan digitalisasi kunjungan rumah resmi diluncurkan dalam acara yang diselenggarakan oleh Summit Institute for Development (SID) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Rabu, 07 Februari 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Yuni Dwi Setyawati, CEO Summit Institute for Development (SID), dan Tri Cahyo Nugroho, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Garut.

Menurut Yuni Dwi Setyawati, OpenSRP adalah platform sumber terbuka yang dapat diadopsi secara bebas dan tanpa biaya, memungkinkan pengembangan sistem kesehatan global yang berdampak lokal.

“OpenSRP adalah platform yang bisa diadopsi oleh Bapak dan Ibu. Jadi kalau mau dibuat aplikasi untuk digitalisasi, itu tersedia secara bebas, bisa dibuat dan tanpa biaya,” ujarnya.

Ferdinand Laihad, Senior Advisor SID, menyoroti fokus utama pertemuan ini: layanan Integrasi Layanan Primer (ILP) dan transformasi teknologi kesehatan melalui digitalisasi.

Tri Cahyo Nugroho, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, menyambut baik peluncuran aplikasi OpenSRP dan digitalisasi kunjungan rumah di Garut. Dia mengungkapkan bahwa Kabupaten Garut sedang melaksanakan Integrasi Layanan Kesehatan Primer, dengan harapan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Terima kasih untuk SID yang sudah memfasilitasi kegiatan ini dan tentunya kita ingin derajat kesehatan masyarakat Garut lebih meningkat lagi,” tambahnya.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Kolaborasi UI, UNFPA, dan Kemen PPPA Perkuat Manajemen Kasus Kekerasan Berbasis Gender di Garut

13 Anggota Satpol PP Garut Kembali Bekerja Setelah Diskors