in

Relawan Lingkungan Dayeuhandap Raya Bersatu, Berencana Menyulap Sungai Cimaragas Menjadi Lokasi Budidaya Ikan

Budidaya ikan

GARUTEXPO– Relawan Lingkungan Dayeuhandap RW 03 di Kelurahan Kota Kulon, Garut Kota, berkomitmen mengubah Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimaragas Blok Kp.Dayeuhandap menjadi aliran sungai yang dapat dimanfaatkan warga setempat untuk budidaya ikan air.

“Saat ini, kondisi Sungai Cimaragas yang berada di tengah pemukiman warga itu cukup kotor dan penuh dengan sampah yang sengaja dibuang oleh warga di daerah bantaran sungai. Bahkan kondisi sungai yang kotor ditengah pemukiman warga itu tentunya sangat berpotensi berkembang biaknya bibit penyakit,” ujar Indra, salah seorang relawan lingkungan setempat.

Indra menjelaskan, beberapa minggu yang lalu, warga masyarakat di wilayah Kp.Dayeuhandap RW 03 melakukan gotong royong membersihkan sampah di daerah sungai Cimaragas tersebut. Gagasan untuk mengubah aliran sungai Cimaragas menjadi lokasi tempat budidaya ikan muncul setelah sungai tersebut terlihat bersih dari sampah.

“Dengan menjadikan aliran sungai Cimaragas menjadi tempat budidaya ikan, tentunya akan membuat warga merasa canggung tatkala membuang sampah ke sungai. Bahkan program ini juga bisa menjadi sarana pendidikan atau edukasi warga, serta nilai tambah ekonomi bagi masyarakat yang serius dalam pengelolaan budidaya ikan,”tandasnya.

Namun, Indra juga menyadari bahwa upaya untuk mengubah lokasi aliran sungai Cimaragas membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya.

“Kita tahu, hal ini bukan hal mudah. Namun dengan hadirnya pemerintah setidaknya bisa menjadi harapan bagi masyarakat,”ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa jika sungainya dipenuhi dengan ikan, warga tentunya akan merasa sungkan untuk membuang sampah ke sungai. Potensi penyakit yang muncul juga dapat berkurang karena ribuan ikan ini bisa memakan jentik dan lumut yang ada di dalam sungai.

“Ini bisa mengurangi potensi penyakit yang mungkin muncul,” tambah Indra saat saat di temui awak media, Rabu, 06 Maret 2024.

Budidaya ikan

Dengan demikian, langkah untuk menyulap aliran Sungai Cimaragas menjadi tempat budidaya ikan bukan hanya untuk kepentingan lingkungan, tetapi juga untuk membangun kesadaran dan tanggung jawab warga terhadap kebersihan sungai di sekitar mereka.

Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, mengungkapkan apresiasi terhadap inisiatif yang diambil oleh Relawan Lingkungan Dayeuhandap Kelurahan Kota Kulon dalam mengedukasi masyarakat mengenai wilayah aliran sungai.

Dalam keterangan yang disampaikannya, Pj Bupati Barnas Adjidin menyatakan bahwa upaya pengedukasian ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, terutama terkait dengan aliran sungai.

“Inisiatif yang diambil oleh Relawan Lingkungan Dayeuhandap Kelurahan Kota Kulon patut diapresiasi. Edukasi kepada masyarakat mengenai wilayah aliran sungai akan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan,” ujar Barnas Adjidin.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Pj. Bupati Garut Ingatkan Warga: Rawan Longsor di Musim Hujan, Kolaborasi dan Kewaspadaan Diperlukan

5 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik yang Nyaman digunakan