in

Warga Desa Mekargalih Bersatu dalam Aksi Solidaritas Palestina di Lapangan Stasiun Cirengit

GARUTEXPO.COM- Kepala Desa Mekargalih, H. Ateng Sopandi, dan Ketua MUI Desa Mekargalih, KH. Khoer Akhsanul Akhlak, bersama sejumlah caleg dari Garut, memimpin aksi solidaritas Palestina yang menggema di Lapangan Stasiun Cirengit Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu, 24 Desember 2023.

Dalam orasinya, H. Ateng Sopandi menyampaikan harapannya agar momentum aksi solidaritas Palestina di Mekargalih dapat membawa kedamaian dan keamanan bagi warga.

” Saya merasa bangga dengan adanya aksi solidaritas Palestina di Desa Mekargalih,” ujar Ateng.

Dia mengajak masyarakat untuk mendoakan dan mendukung rencana acara yang diadakan oleh warga yang memiliki cita-cita.

“Semoga cita-cita warga terkabul oleh Allah SWT,” harap Ateng.

H.Yana Mulyana, caleg dari partai Gerindra, dengan bangganya menyerukan boikot produk-produk Israel sebagai bentuk dukungan kepada warga Palestina yang tengah merasakan penderitaan, “Tandasnya.

Sementara itu, Kasful Anwar, caleg dari partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengingatkan bahwa perjuangan kemerdekaan tidak boleh lepas dari pengakuan warga Palestina.

Ia mendoakan dan mengajak masyarakat untuk mendukung dengan segala cara kemerdekaan negara Palestina, termasuk dengan doa, jiwa, raga, dan harta,”tutur Kasful.

Aktivis solidaritas umat Islam Kabupaten Garut, Abah Muda 212, menyoroti penderitaan saudara di Palestina. Dalam orasinya, ia menyampaikan kesedihan atas sakitnya saudara di Palestina yang tidak hanya berasal dari terik matahari, tetapi juga dari serangan bom yang diluncurkan oleh zionis Israel.

Abah Muda 212 menjelaskan langkah konkret dengan memberikan gambaran tentang langkah penggalangan dana yang telah dilakukan bersama-sama, “Aksi solidaritas, untuk membantu saudara di Palestina,” terangnya.

Dukungan Kepala Desa dan Perwakilan Masyarakat:

Kepala Desa Mekargalih, para caleg, dan aktivis solidaritas umat menegaskan bahwa dukungan dari masyarakat sangat penting. Mereka meminta agar Kementerian Perdagangan mengeluarkan rilis produk-produk Israel untuk memudahkan aksi boikot, “Tandasnya.

Harapan dan Doa untuk Palestina:

Aksi solidaritas ini tidak hanya menjadi momentum untuk menyuarakan perlawanan terhadap penindasan, tetapi juga sebagai bentuk harapan dan doa. Seluruh peserta berharap agar bentuk solidaritas ini didengar oleh seluruh dunia dan dapat memberikan keberkahan bagi warga Palestina.

Kritik dan Dorongan untuk Pemerintah:

Abah Muda dalam orasinya memberikan kritik terhadap pemerintah, mengingatkan pentingnya peran pemerintah dalam menyuarakan dukungan dan kritik terhadap Israel.

Dukungan dari semua fraksi di DPRD Kabupaten Garut pun diharapkan untuk mendorong kebijakan yang lebih tegas terkait isu Palestina.

Pencapaian Aksi Solidaritas:

Aksi solidaritas ini telah mencapai berbagai langkah konkret, termasuk penggalangan dana dan tuntutan resmi kepada pemerintah. Semua elemen masyarakat, termasuk Kepala Desa, caleg, dan aktivis, menyatakan komitmennya untuk terus bersatu dalam mendukung kemerdekaan Palestina, menunjukkan bahwa gerakan ini bukan hanya wacana, tetapi tindakan nyata.

Acara ini diikuti oleh pemerintah Desa Mekargalih, warga masyarakat, Ketua BPD, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Desa Mekargalih.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

G Fest 2023 Resmi Dibuka Bupati Garut, Perkuat Identitas Kabupaten Garut

Bupati Garut: Harapan Baru Dibuka dengan Wisuda 42 Peserta Pelatihan Bahasa Jepang