in

8 Negara yang Seru Dikunjungi saat Ramadan, Muslim Friendly!

traveling ke luar negeri

Kamu ingin traveling ke luar negeri saat Ramadan? Coba kunjungi negara-negara yang juga ikut merayakan semarak bulan suci Ramadan. Jadi, biar lebih terasa ambience Ramadannya walaupun sedang di negeri orang. Toh, berkunjung ke salah satu negara muslim-friendly terbilang seru, karena ada banyak tradisi Ramadan yang meriah dan berbeda dari Indonesia. Hal itu tentu akan membuat kamu ikut terbenam dalam vibes keindahan bulan suci Ramadan sekaligus memaknai artinya melalui perspektif budaya yang berbeda.

Kamu bisa memanfaatkan waktu Ramadan dengan berwisata religi, mengenal kota-kota bersejarah dalam Islam, menyusuri pasar-pasar Ramadan, menyantap makanan iftar khas negara lain, hingga menjelajahi masjid-masjid bersejarah. Bakal jadi pengalaman yang nggak terlupakan banget sih!

Yuk, simak beberapa negara yang seru dikunjungi saat Ramadan hasil rangkuman Garutexpo dari berbagai sumber.

1. UNITED EMIRATES ARAB (UEA)

traveling ke luar negeri

UEA adalah salah satu destinasi indah yang nyaris sempurna untuk dikunjungi saat Ramadan. Gimana nggak, karena mayoritas penduduknya Muslim, pada siang hari toko-toko umumnya akan tutup. Sebaliknya, menjelang buka puasa, toko mulai buka dan ramai pembeli.

Fun-fact, waktu berbuka puasa akan diumumkan secara nasional dengan cara menembakkan meriam yang dilakukan oleh polisi lokal. Tahun ini, ada lima lokasi tetap untuk menembakkan meriam seperti di Atlantis the Palm, Burj Khalifa, Al Seef, Al Waheda – Century Mall Dubai, dan Hatta yang berada di depan Emirates Co-operative Society. Ketika buka puasa, Sobi bisa berkunjung ke Ramadan Majlis atau tenda khas Arab yang dibangun khusus untuk berbuka puasa yang menawarkan menu-menu takjil terbaik khas Timur Tengah.

Baca Juga : Cara Mudah Dapatkan Tiket Pesawat Tanpa Promo

2. TURKI

traveling ke luar negeri

Jika kamu berkunjung ke Turki, akan ada banyak festival dan bazar Ramadan beserta hiburan meriah yang akan menyambut. Suasana Ramadan di Turki hampir mirip sama di Indonesia, kok. Nggak kalah menarik, restoran-restoran di Turki berlomba-lomba untuk menghidangkan menu unggulan khusus untuk berbuka puasa dan pastinya semua halal! Kalau ke sini, belum lengkap rasanya kalau nggak berkunjung ke Blue Mosque, Goreme, Kota Tua Konya, dan Museum Mevlana.

Tradisi buka puasa di Turki kerap dibuka dengan gullac atau makanan manis. Sedangkan untuk makanan penutup, akan dihidangkan puding yang terbuat dari air mawar dan biji delima -makanan tradisional Turki yang hanya bisa ditemukan saat Ramadan-. Fyi, tahun ini masyarakat Turki akan berpuasa selama 16 jam, atau 3 jam lebih lama dari Indonesia. Jadi, bagi kamu yang ingin traveling ke Turki, pastikan tubuhmu dalam keadaan prima, ya.

3. INDONESIA

traveling ke luar negeri

Yups, negara kita masuk ke salah satu negara yang ciamik dikunjungi saat Ramadan, loh. Di samping menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar, durasi puasa di Indonesia juga relatif lebih singkat dibanding dengan negara di Timur Tengah atau Eropa. Indonesia sendiri memiliki beragam cara unik untuk menyambut bulan suci Ramadan. Contoh sederhana yang bisa terlihat adalah anak-anak yang mulai bermain kembang api di jalanan, pusat perbelanjaan yang mengadakan diskon besar-besaran, hingga kedai makanan yang menyuguhkan menu paket Ramadan.

Nggak ketinggalan dengan tradisi ngabuburit, di mana orang-orang mulai berburu takjil di pasar, atau lokasi khusus yang hanya tersedia saat Ramadan. Jika Sobi di Jakarta, kamu bisa berkunjung ke Pasar Bendungan Hilir yang terletak di Jakarta Pusat. Berbagai pilihan makanan ringan, minuman manis, kue tradisional, hingga makanan berat bisa kamu temukan di sini.

Baca Juga : 5 Pantai Selatan Pulau Jawa, Terkenal Mistis tapi Mempesona!

4. MALAYSIA

traveling ke luar negeri

Ngomongin soal tradisi Ramadan, di Malaysia sebenarnya nggak jauh berbeda dengan Indonesia. Saat bulan Ramadan tiba, banyak penjual makanan bertebaran untuk menjajakan takjil atau biasa disebut dengan Pasar Ramadan. Selama sebulan penuh, di sekitar Jalan Tuanku Abdul Rahman, kawasan perbelanjaan utama Kuala Lumpur, akan dipadati oleh penjaja makanan yang menawarkan segala jenis menu buka puasa. Salah satu menu yang Sobi wajib coba adalah bubur lambuk. Ini adalah bubur yang berisi daging cincang, udang kering dengan bumbu dasar terdiri dari bunga cengkeh, bunga lawang, jinten, dan kulit kayu manis.

Di Malaysia kamu bisa mendapatkan pengalaman Ramadan yang berkesan loh, lantaran ada sebuah tradisi sahur unik yang hanya bisa ditemukan di sini. Yaitu makan sahur bersama di tepi pantai. Lumrahnya, orang-orang akan menyantap menu sahur di rumah saja. Tapi nggak berlaku untuk sebagian orang di Malaysia. Tentu ini akan menjadi pengalaman seumur hidup yang nggak terlupakan!

5. SINGAPURA

traveling ke luar negeri

Walaupun Singapura adalah negara yang masyarakatnya multi-agama, tapi negara ini masuk ke dalam salah satu negara yang indah untuk dikunjungi saat Ramadan. Sama halnya di Indonesia dan Malaysia, di sini juga ada banyak bazar Ramadan yang wajib dikunjungi. Banyak pedagang yang menjajakan makanan, pakaian, furniture rumah, pernak-pernik khas Ramadan, hingga karpet rajut.

Menariknya lagi, tahun ini Singapura nggak lagi menggelar pasar Ramadan secara digital. Sebaliknya, pasar Ramadan tahun ini mulai dibuka untuk umum walaupun beroperasi dalam skala kecil. Kamu bisa mengunjungi salah satu pasar Ramadan paling ikonik yaitu ‘Geylang Serai Ramadan Bazaar’. Pasar ini dibuka mulai tanggal 2 April—2 Mei 2022 dan beroperasi mulai pukul 13.00-23.00 waktu setempat. Alternatif pasar Ramadan yang bisa Sobi kunjungi yaitu di Kampong Glam dan Arab Street di mana kedua tempat tersebut selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

6. IRAN

traveling ke luar negeri

Saat berkunjung ke Iran, kamu bisa melakukan wisata religi ke masjid-masjid karena Iran adalah surganya masjid-masjid indah dan megah. Tercatat ada 200 lebih masjid indah di Iran, loh. Salah satu masjid yang wajib dikunjungi adalah Masjid Nasir Al-Mulk atau biasa disebut dengan Masjid Pink. Fun-fact, masjid ini masuk ke dalam daftar situs warisan UNESCO. Kenapa sih kok disebut Masjid Pink? Hal ini karena ubin warna pink yang indah adalah komponen utama yang digunakan untuk desain interiornya.

Sama halnya di Indonesia, ketika Ramadan tiba banyak masyarakat Iran menghiasi toko atau gang mereka dengan lampu dan bunga. Orang-orang akan saling memberi selamat dengan mengucapkan ‘Ramadhan Mubarak’. Selain itu, ada beberapa makanan yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Iran di bulan Ramadan. Contohnya, zoolbia bamieh (donat Persia yang renyah), halim (sajian khas yang dipadukan dengan daging sapi dan dimasak selama beberapa jam), serta ash reshteh (semur tradisional Persia). Jangan lupa untuk dicicipi ya, karena makanan di atas hanya ada saat bulan Ramadan saja, loh!

7. MALDIVES

traveling ke luar negeri

Sudah tahu belum, kalo ternyata 100% penduduk Maldives itu beragama Islam? Makanya, Ramadan dianggap sebagai waktu yang ideal bagi kamu traveler Muslim untuk mengunjungi negara ini. Gimana nggak, di Maldives, wisatawan muslim akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba makanan khas Ramadan yang juga akan disajikan di resor dan hotel.

Yang lebih menarik lagi, akan ada beberapa acara dan hiburan selama bulan suci Ramadan. Sebut saja pertunjukan api atau tari perut, konser dan live band yang memainkan musik tradisional juga diselenggarakan di seluruh negeri. Kamu bisa menikmati Ramadan di Maldives dengan menyatu bersama penduduk dan budaya lokal, deh.

8. MAROKO

traveling ke luar negeri

Maroko punya beberapa tradisi unik saat menyambut Ramadan, loh. Sama seperti di UEA, masyarakat Maroko akan menggunakan meriam sebagai tanda buka puasa. Fun-fact, di Maroko makan dan minum di siang hari termasuk tindakan ilegal, kecuali kamu adalah ibu hamil atau orang dengan kondisi kesehatan khusus. Bahkan, sebagian hotel nggak menyediakan makanan dan minuman saat puasa.

Saat berkunjung ke sini kamu bisa mengunjungi destinasi turis favorit. Sebut saja Masjid Koutoubia yang dikenal sebagai masjid terbesar di Maroko, Masjid Hassan II, Madrasa Bou Inania, dan Hassan Tower. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Maroko yang ada di bulan Ramadan seperti sellou, chebakia, harira, dan khobz.

Itu dia delapan negara yang cucok meong dikunjungi saat bulan Ramadan. Gimana, sudah dapat gambaran mau traveling ke negara mana? Tenang! Sebagian besar negara yang disebutkan di atas sudah open border kok untuk turis asing.

Pastikan kamu telah mempersiapkan rencana traveling dengan baik ya, mulai dari itinerary, dokumen dan syarat penting, serta akomodasi dan transportasi. Nah, sebelum traveling ke luar negeri, kamu bisa pesan tiket pesawat internasional dan hotel luar negeri dengan harga terbaik Selamat traveling!

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

Konsumen Kecewa, Peringatan Penting: Jauh dari Garut ke Bandung, Pemilik Toko Diminta Hati-Hati dalam Memberikan Barang kepada Konsumen

Ponpes Rumah Qur’an Yava Al. Barokah Pasirwangi: Keramasan Istimewa Menyambut Bulan Suci Ramadhan