in

Akhir Pekan Penuh Bencana: Longsor dan Tersambar Petir di Garut

Bencana

GARUTEXPO – Akhir pekan ini menjadi momen tragis bagi Kabupaten Garut dengan serangkaian bencana yang melanda, pada hari sabtu, 24 Februari 2024, menyebabkan kerusakan dan satu korban jiwa akibat tersambar petir.

Laporan awal menunjukkan kejadian longsor terjadi di Wilayah Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, dan Kampung Rancamidin, Desa Banjarsari, Kecamatan Bayongbong. Longsor tersebut mengakibatkan kerusakan pada kendaraan dan infrastruktur, serta mengancam keselamatan warga.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, longsor disebabkan oleh ambruknya tanggul sungai Rancamidin. Dua unit rumah warga terancam, memaksa penghuni untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Di tengah kekacauan tersebut, satu lagi kejadian menyedihkan terjadi di Gunung Cikuray. Seorang pendaki asal Banten, yang sedang mendaki bersama rekan-rekannya, tersambar petir di pos 3 saat hujan lebat. Meskipun evakuasi dilakukan dengan cepat, korban akhirnya dinyatakan meninggal setelah tiba di RSUD dr. Slamet Garut.

BPBD Kabupaten Garut mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem dan memastikan koordinasi terus berjalan untuk mengantisipasi bencana lebih lanjut.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Kecamatan Tarogong Kaler Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Garut

Pj. Bupati Garut Resmikan Open Turnamen Bola Volly Dandenpom Cup Ke-11 Tahun 2024