in

Beredar Video Viral Temukan Surat Suara Tercoblos di Garut

Surat Suara tercoblos

GARUTEXPO– Sebuah video viral menunjukkan temuan surat suara yang sudah tercoblos pada kolom salah satu pasangan calon presiden 2024. Peristiwa ini terjadi di TPS 17 Kampung Rancabolang, Desa Simpangsari, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Rabu  14 Februari 2024.

Dalam video berdurasi 2 menit tersebut, terlihat petugas KPPS sedang membuka satu per satu surat suara Pilpres yang sudah tercoblos. “Nomor tiga tos dicoblos, nomor dua tos dicoblos, ti pusatna nya ieu sanes ku KPPS,” ujar seorang petugas dalam video tersebut, menunjukkan kekhawatiran atas kesalahan yang terjadi.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Garut, Lamlam Masropah, membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya melalui petugas Bawaslu di tingkat kecamatan sudah melakukan monitoring terhadap temuan tersebut.

“Temuannya adalah beberapa sebanyak 24 surat suara yang sudah dilakukan pencoblosan,” ujarnya kepada awak media di Kantor Bawaslu Garut, Rabu sore. Ia menjelaskan bahwa surat suara tersebut tidak diberikan kepada pemilih dan telah dianulir serta dinyatakan sebagai surat suara rusak.

“Sementara laporan cepatnya seperti itu. Prosesnya sekarang sedang dibuat untuk LHP (laporan hasil pemeriksaan) untuk dituangkan dalam pelaporan hasil pengawasan,” ungkapnya.

Bawaslu Garut juga masih melakukan kajian-kajian terkait temuan tersebut. Masropah menyatakan bahwa kejadian semacam itu berpotensi juga terjadi di daerah lain selain di Kecamatan Cisurupan. “Potensi di daerah lain ada, kemungkinan ada,” katanya.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Bupati Garut Terima Tim BPK RI

Ini Hasil Hitung Suara Legislatif DPR RI 2024 untuk Dapil 3211