in

Direktur Utama PDAM Tirta Intan Garut Ingatkan Masyarakat untuk Jaga Meteran Air

PDAM

GARUTEXPO– Direktur Utama PDAM Tirta Intan Garut, H. Aja Rowikarim, secara tegas mengingatkan masyarakat agar menjaga meteran air PDAM mereka. Menurutnya, kewajiban untuk memastikan keberlangsungan meteran air berada di tangan para pelanggan.

Belakangan ini, PDAM sering menerima laporan tentang pencurian meteran air oleh oknum tak bertanggung jawab, menyebabkan pemborosan sumber daya yang seharusnya mengalir ke rumah warga.

Dalam perjanjian pemasangan PDAM, disebutkan bahwa meter air yang umumnya dipasang di bagian depan atau halaman rumah menjadi tanggung jawab pelanggan. Namun, dari meteran air ke pusat pipa air atau sumber air adalah tanggung jawab PDAM jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

“Pencurian water meter PDAM Garut semakin mengkhawatirkan dengan jumlah kehilangan yang terus meningkat,” ungkap Dr. H. Aja Rowikarim kepada sejumlah awak media, Rabu (27/03/2024).

Update terakhir mencatat bahwa laporan water meter yang hilang dari setiap cabang mencapai angka yang signifikan. Total keseluruhan water meter yang hilang mencapai 56 unit, dengan cabang Tarkid mencatat jumlah terbanyak, yaitu 30 unit.

Langkah-langkah yang diambil PDAM Tirta Intan Garut untuk menanggapi maraknya pencurian water meter antara lain adalah inventarisasi area pelanggan yang kehilangan water meter, penyusunan pamflet informasi kepada pelanggan, pembuatan surat kepada pengepul atau agen rongsokan untuk tidak menerima water meter PDAM, penyelenggaraan pemantauan rutin di area terdampak, penyebaran informasi kepada pelanggan untuk meningkatkan keamanan water meter, dan penggantian water meter yang hilang disertai dengan pelaporan kepada aparat kepolisian.

Aja juga mengajak masyarakat yang menjadi korban pencurian untuk membantu menyebarkan informasi guna meningkatkan kewaspadaan bersama. Salah seorang pelanggan yang menjadi korban menyampaikan pengalaman pahitnya, di mana water meter PDAM di rumahnya dicuri.

“Kami mengingatkan pentingnya meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian dalam menjaga keamanan air bersih di lingkungan kita. Dengan lebih waspada dan saling mendukung, diharapkan kasus pencurian water meter PDAM ini dapat diminimalisir dan tidak lagi merugikan masyarakat,” pungkasnya.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Polsek Garut Kota Polres Garut Tanggap Aduan Masyarakat: Berantas Parkir Liar

Indra Kusmana dari Kadungora Tertipu Warga Riau dalam Transaksi Motor Ninja