in

PAM Tirta Intan Garut Tanam 2000 Pohon untuk Memperingati Hari Lahan Basah Sedunia

PAM Garut Tanam Ribuan Pohon

GARUTEXPO– Perumda Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut memperingati Hari Lahan Basah Sedunia dengan menggelar acara penanaman 2000 pohon, Jumat, 2 Februari 2024. Kegiatan ini dipimpin oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut, Dr. H. Aja Rowikarim, sebagai langkah untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan sumber daya air di wilayah tersebut.

“Kami melibatkan tim Peduli Alam dan Lingkungan yang terdiri dari direksi dan karyawan kami, serta partisipasi aktif masyarakat setempat dalam kegiatan ini. Penanaman pohon merupakan bagian dari agenda tahunan kami untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan sumber daya air,” ungkap H. Aja Rowikarim.

Penanaman dilakukan di area Situ Ciharemas, bantaran sungai Cimanuk, dan area tangkapan air dengan jenis pohon Trembesi, kopi, jambu biji, dan manglid.

PAM Garut Tanam Ribuan Pohon

“Tujuan utama penanaman ini adalah untuk menjaga wilayah resapan air, mengurangi sedimentasi, dan meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar Situ Ciharemas,” tambah, H. Aja Rowikarim.

Kehadiran pejabat setempat dan tokoh masyarakat, termasuk Camat Cirupan, kepala desa Cisurupan, Kapolsek, dan Danramil, menegaskan komitmen mereka terhadap pelestarian lingkungan. Langkah konkret seperti ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup serta menginspirasi upaya serupa di berbagai wilayah.

Penanaman pohon ini bukan hanya sebagai simbol peringatan Hari Lahan Basah Sedunia, tetapi juga sebagai tindakan nyata dalam menjaga harmoni antara manusia dan lingkungan di Kabupaten Garut.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

7 Jenis Bambu Bertuah dan Gambarnya, Mitos atau Fakta?

Barnas Adjidin: Rudy Gunawan Telah Berjasa bagi Garut, Renovasi Pendopo Bosan