in

Pelantikan PKD di Cibatu Diwarnai Tudingan Dugaan Penerimaan Bayaran

Pelantikan

GARUTEXPO – Pelantikan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di tingkat Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kemarin, Minggu, 02 Juni 2024, diwarnai oleh tudingan dugaan penerimaan bayaran yang mengarah kepada beberapa pihak. Tudingan tersebut dinilai sangat keterlaluan dan menghina profesi jurnalis.

Plt Ketua Ikatan Wartawan Online Jawa Barat, Robi Taufiq Akbar, yang juga Pimpinan Redaksi Prianganinsider.com, menganggap tudingan tersebut sebagai penghinaan yang dilakukan oleh mantan PKD. “Saya menunggu itikad baik dari mantan PKD, terkait tudingan menerima bayaran. Ini jelas sudah menghina baik secara individual atau media,” kata Robi Taufiq Akbar, Minggu (2/6/2024).

Robi menjelaskan bahwa sebagai jurnalis, dirinya selalu mengangkat berita sesuai dengan kaidah jurnalistik tanpa ada unsur dendam pribadi. “Saya sebenarnya tidak mengetahui apa yang tengah terjadi di lapangan. Setelah mengetahui, ternyata yang menuding saya itu tidak lulus menjadi PKD untuk Pilkada 2024,” lanjutnya.

Robi menegaskan bahwa tudingan yang mengarah pada penerimaan bayaran terkait pemberitaan pelantikan PKD merupakan penghinaan terhadap kode etik jurnalis. “Saya menulis sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Nyatanya, memang benar pada hari ini ada pelantikan PKD. Saya meminta secara tertulis adanya itikad baik dari saudara Oleh yang telah diduga menghina saya sebagai jurnalis,” ucapnya.

Lebih lanjut, Robi menuturkan bahwa selama ini tidak ada masalah dengan siapapun termasuk dengan saudara Oleh. “Yang bersangkutan yang menuduh saya itu juga berprofesi sebagai jurnalis. Saya pernah bertemu beberapa kali di lapangan, saya tidak ada masalah. Tetapi kenapa saat ini menuding saya dibayar. Nanti ini akan diurus oleh pengacara terkait rencana pelaporan ke ranah hukum,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Minggu (2/6/2024) melantik sebanyak 11 Pengawas Kelurahan/Desa untuk Pilkada 2024 di Aula Kecamatan Cibatu. Mereka yang telah lulus administrasi dan wawancara tersebut akan bertugas mengawasi jalannya Pilkada serentak 2024, baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati.( Agus Sulaeman)

Ditulis oleh Kang Zey

Resmi Dilantik, 9 PKD di Wanaraja Bersiap Tancap Gas Awasi Tahapan Pemilukada 2024

Polisi Sita Ratusan Obat-obatan dari Tangan Pelaku di Garut