in

Pemkab Garut Terima Audiensi Universitas Pancasila untuk Program Lingkungan

Universitas Pancasila

GARUTEXPO– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menerima audiensi penting dari Universitas Pancasila terkait rencana program untuk memperbaiki kondisi di Hulu Sungai Cimanuk dan Desa-Desa sekitar DAS Cimanuk. Audiensi tersebut diterima oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Garut, Budi Gan Gan Gumilar, di Ruang Rapat Bupati Garut, Senin (25/3/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Budi Gan Gan Gumilar menyambut baik kunjungan Universitas Pancasila sebagai langkah kolaborasi dalam pembangunan Garut. Dia menjelaskan bahwa Universitas Pancasila bersama Green Climate Fund (GCF) akan membantu upaya pelestarian lingkungan di daerah tersebut, melalui rencana kerjasama yang akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) serta persiapan data yang diperlukan.

“Harapannya ini ke depan Kabupaten Garut dengan tindakan intervensi dari GCF ini, Kabupaten Garut di musim kemarau memiliki air yang cukup, dan di musim hujan tidak mengalami banjir,” ungkap Budi.

Direktur Inovasi dan Pengembangan Usaha Universitas Pancasila, Setia Damayanti, menjelaskan bahwa pendanaan dari GCF ini merupakan tindak lanjut dari riset dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh universitas tersebut.

Program yang akan dilaksanakan di Hulu Sungai Cimanuk bertujuan untuk mengatasi aliran air yang terlalu cepat guna mencegah banjir serta memunculkan kembali mata air untuk mengatasi masalah kekeringan.

“Nantinya program ini akan dilaksanakan di hulu sungai Cimanuk, dengan mengatasi aliran air di hulu tidak terlalu cepat sehingga dapat mencegah terjadinya banjir, bahkan dapat memunculkan kembali mata air untuk mencegah terjadinya masalah kekeringan,” jelas Setia.

Program ini direncanakan akan disubmit ke Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan RI pada akhir Maret, dengan pelaksanaan selama 7 tahun dan manfaat yang diharapkan dapat dirasakan selama 20 tahun.

Salah satu output yang diharapkan adalah pemulihan hutan di gunung serta kesejahteraan masyarakat melalui keamanan pangan, pertanian, perkebunan, perikanan, dan penyelesaian masalah sampah.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Buruh Bangunan Tewas Terjatuh dari Atap, Polsek Tarogong Kaler Polres Garut Identifikasi Korban

Pj. Bupati Garut Dorong Kualifikasi Tinggi di Disdukcapil Garut