in

Banjir Bandang Rendam 7 Unit Rumah di Desa Balewangi, Garut

Banjir Bandang

GARUTEXPO– Rabu 21 Februari 2024, Sekitar pukul 14.00 WIB, wilayah Kp. Cibojong RT 003 RW 004 Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, dilanda banjir bandang yang mengakibatkan 7 unit rumah terendam sebagian, dengan ketinggian air mencapai 10-80 cm. Penyebabnya adalah tersumbatnya saluran air yang menyisakan material lumpur.

Menurut Dian Hadiana yang didampingi Yadi Mulyadi dari Tagana Cikajang, akibat banjir bandang tersebut, sebanyak 10 KK (29 jiwa) terdampak, antara lain:

  1. Eutik Komarudin (3 KK, 10 jiwa)
  2. Hj. Imas (1 KK, 3 jiwa)
  3. Supriatna (1 KK, 2 jiwa)
  4. Sujana (1 KK, 5 jiwa)
  5. Hj. Iis (2 KK, 5 jiwa)
  6. Ikin Tukimin (1 KK, 2 jiwa)
  7. Nur Sintadewi (1 KK, 2 jiwa)

Dian juga menjelaskan bahwa telah dilakukan upaya koordinasi dengan Pemdes Desa Balewangi, melakukan assessment di lokasi kejadian.

“Kami menghimbau kepada warga untuk tetap waspada, serta berkoordinasi dengan dinas sosial untuk mendapatkan bantuan tanggap darurat atau bantuan logistik gotong royong,” tuturnya.

Lebih lanjut Dian menjelaskan, untuk penanganan yang mendesak, normalisasi saluran air Sungai Cileet dan Sungai Cibojong serta melibatkan unsur terkait seperti Pemerintah Desa Balewangi, Kasi Trantib Kecamatan Cisurupan, Polsek Cisurupan, PKM Cisurupan, UPT Damkar Cikajang, Tagana, BPBD Kabupaten Garut, RT/RW, dan warga setempat.

“Alhamdulillah, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa atau luka-luka. Ucap Dian.(Wahyu)

Ditulis oleh Kang Zey

Ingin Gowes Asyik Dan Sehat? Simak 8 Tipsnya Berikut Ini!

Masyarakat Garut Dapat Menikmati Bahan Pokok Terjangkau Melalui Operasi Pasar Murah