in

Ingin Gowes Asyik Dan Sehat? Simak 8 Tipsnya Berikut Ini!

Gowes

Bagi pecinta sepeda, menyusuri jalanan perkotaan, pedesaan, bahkan hingga trek tajam pegunungan yang curam sekalipun jadi keasyikan tersendiri. Namun, bagaimana dengan goweser pemula?

Jangan khawatir, meski terbilang baru dalam pergowesan, tapi kamu juga bisa menikmati asyiknya bersepeda, apalagi kabupaten garut mempunyai pedesaan dan trek yang menyenangkan untuk bergowes ria. Asal memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Daftar Isi

1. Pilih sepeda yang sesuai

Sebagai komponen utama untuk gowes, tentu saja sepeda memegang peranan penting. Inilah mengapa kita harus benar benar memilih sepeda sesuai dengan yang kita butuhkan.

Tak hanya disesuaikan dengan trek yang akan dijalani saja. Namun juga disesuaikan dengan tinggi badan dan kaki kita sehingga saat mengayuhnya nanti akan terasa nyaman dan menyenangkan.

2. Gunakan pengaman

Menyusuri jalanan pedesaan yang tak selalu rata atau bahkan menjelajah trek pegunungan yang curam dan kadang penuh tanjakan serta turunan terjal sangat membutuhkan yang namanya pengaman saat bersepeda.

Perlengkapan pengaman yang wajib untuk dikenakan terutama helm, sarung tangan, dan pelindung lengan, sebagai antisipasi apabila tiba tiba terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Terjatuh misalnya.

3. Atur posisi gir sesuai kekuatan

Sebelum berangkat gowes, pastikan untuk mengatur posisi gir sepeda agar sesuai dengan kekuatan tubuh kita. Hal ini berguna agar tubuh tidak cepat lelah.

Baca Juga : 4 Tips Tetap Bugar Dengan Olahraga Saat Berpuasa

4. Konsumsi makanan berserat

Sebelum bersepeda di alam bebas, alangkah baiknya bila mengawalinya dengan sarapan yang kaya akan nutrisi dan tinggi serat. Makanan yang bagus ini sangat bermanfaat selama bersepeda menjelajah alam. Khususnya untuk performa tubuh.

5. Mengayuh dengan stabil

Bersepeda santai tentu saja tak perlu cepat cepat dalam mengayuh sepeda bukan? Selain bisa menikmati pemandangan alam yang terbentang selama perjalanan, juga agar tak melelahkan di awal yang berakibat loyo belakangan padahal masih di tengah perjalanan. Inilah mengapa kita harus mengayuh sepeda secara stabil selama perjalanan.

6. Istirahat di beberapa titik

Apabila kita bersepeda dengan rute tertentu, misalkan dari Kintamani menuju Ubud, maka ada baiknya bila kita singgah di beberapa tempat untuk beristirahat. Saat beristirahat ini bisa sambil minum, makan cemilan sekaligus menikmati pemandangan indah yang ada atau berinteraksi dengan masyarakat setempat dan melihat proses budaya dan keagamaan yang sedang berlangsung.

Namun, jangan lama lama yah. Istirahat secukupnya saja, agar otot otot tubuh yang tengah memanas tidak jadi dingin karena kelamaan, yang akan berakibat tidak bagus saat melanjutkan perjalanan dengan bersepeda.

7. Cukup minum

Cukup minum sangat dianjurkan agar tubuh tidak dehidrasi dan performa tetap prima. Minumlah air putih saat sedang beristirahat dan selingi dengan cemilan sehat atau bernutrisi. Seperti biskuit sehat atau buah.

8. Tetap percaya diri

Tips ini diperuntukkan bagi kamu yang menjelajah medan pegunungan yang terkadang curam dan penuh dengan tanjakan terjal.

Selama melewati trek tersebut, tetaplah fokus dan kontrol diri sebaik mungkin. Dan yang pasti adalah tetap percaya diri akan bisa melewati medan yang tak biasa tersebut.

Nantikan beragam informasi menarik lainnya dari Garutexpo.com, ya.

Semoga bermanfaat!

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

PPK Cibatu Gelar Rapat Pleno Terbuka untuk Hasil Pemilu 2024

Banjir Bandang Rendam 7 Unit Rumah di Desa Balewangi, Garut