in

Tanoto Foundation dan Yayasan Cipta Terus Dampingi Pemkab Garut dalam Penanggulangan Stunting

Tokoh Agama Milenial Dilatih sebagai Agen Perubahan

Tanoto Foundation Yayasan Cipta

GARUTEXPO – Tanoto Foundation dan Yayasan Cipta bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengadakan Lokakarya Strategi Komunikasi Perubahan Prilaku (SKPP) dalam Penurunan Stunting. Acara ini digelar di Ruang Rapat Kantor Wakil Bupati Garut dan resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, Rabu, 06 Maret 2024.

Nurdin Yana menyampaikan bahwa lokakarya ini menjadi bagian integral dari strategi komunikasi perubahan prilaku untuk mengurangi angka stunting di Kabupaten Garut. Dengan target turunnya angka stunting di bawah 14% pada tahun 2024 sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

“Kita malu outside (pihak luar) yang ada, artinya teman-teman Tanoto, yang memberikan support kepada kita, kenapa kita sebagai pelaku utama tidak konsentrasi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan seperti ini,” ujar Nurdin, menekankan pentingnya komitmen bersama.

Ghani Ghiman Musthafa, District Officer Yayasan Cipta, mengungkapkan bahwa Kabupaten Garut telah memiliki dokumen Strategi KPP sejak tahun 2022. Program pendampingan terus berlanjut, dengan rencana aksi yang terus di-update mengikuti progres dan tantangan yang dihadapi.

Salah satu tindak lanjut dari lokakarya ini adalah pelatihan kepada tokoh agama milenial sebagai implementasi aksi strategi KPP mobilisasi sosial, terutama di lokasi dengan angka stunting tinggi. Ghani menegaskan bahwa kolaborasi lintas sektor, baik dari Pemkab maupun swasta, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Garut.

“Harapannya adalah kolaborasi yang komprehensif antara lintas sektor baik dari Pemkab maupun dari swasta, karena saya melihat dari PKK, kemudian dari MUI, dari NGO-NGO yang berada di Kabupaten Garut atau di luar Garut itu pun ingin berkontribusi terhadap penurunan stunting,” tandas Ghani.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Pj.Bupati Garut Ajak Warga Bungbulang Prioritaskan Kesehatan dan Pendidikan

KPU Garut Umumkan Kesuksesan Proses Rekapitulasi Pemilu 2024