in ,

Menuju Indonesia Emas: Pj. Bupati Garut Dorong Percepatan Penurunan Stunting

Penurunan Stunting

GARUTEXPO– Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, membuka Kegiatan Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana Rembuk Stunting dan Pelantikan Pengurus Pola Asuh Anak Remaja Era Digital Cegah Kekerasan (PAAREDI CEKAS) Tahun 2024 di Fave Hotel Garut, Jum’at, 08 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menekankan pentingnya peningkatan SDM dengan jumlah penduduk Kabupaten Garut mencapai 2.665.273 jiwa. Pembangunan SDM, kata beliau, menjadi pondasi untuk memperkuat ketahanan budaya bangsa serta membentuk mentalitas maju, modern, dan berkarakter.

Tahun 2024 menjadi momentum terakhir dalam RPJMN 2020-2024, dengan fokus pada Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta target penurunan prevalensi stunting 14% di Indonesia.

“Kolaborasi adalah kunci utamanya. Tanpa semangat berkolaborasi, kegiatan pembangunan bersifat parsial dan tidak memberikan dampak signifikan bagi masyarakat,” tegas Pj. Bupati.

Pj. Bupati mendorong pemangku kebijakan di berbagai sektor untuk merumuskan program-program berdaya ungkit dalam membangun SDM Kabupaten Garut.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut, Yayan Waryana, menyebut kegiatan ini untuk mengevaluasi pencapaian tahun sebelumnya serta merumuskan kebijakan dan strategi program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting tahun 2024.

“Rakerda ini bertujuan menyinergikan visi, misi, komitmen, dan perspektif ke dalam rencana kerja entitas perangkat daerah di berbagai tingkatan,” katanya.

Acara diikuti oleh 250 peserta offline dan 358 peserta online, menunjukkan komitmen bersama dalam pembangunan SDM Kabupaten Garut, dengan harapan terbangun komitmen untuk kebijakan dan strategi demi Indonesia emas 2045.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Pj. Bupati Garut Berikan Arahan Persiapan TP PKK Kabupaten untuk Lomba 10 Program PKK

Polres Garut Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah dalam Rangka Beyond Trust Presisi 2024