in

Distribusi Kotak dan Surat Suara Pilpres di Garut Kota Tertunda

Logistik pemilu tertunda

GARUTEXPO– Dalam rangka persiapan pemilu 2024, distribusi ribuan kotak dan surat suara telah dimulai di Garut Kota, Jawa Barat. Meskipun proses tersebut diawasi oleh pihak Bawaslu dan aparat pemerintah setempat, distribusi surat suara untuk pilpres di wilayah perkotaan mengalami penundaan karena proses packing yang belum selesai.

Sebanyak 389 kotak suara yang ditujukan untuk TPS di wilayah perkotaan, terutama di Kecamatan Garut Kota, telah mulai didistribusikan sejak Minggu, 04 Februari 2024, lalu dari Gudang KPU di Kawasan Tegal Kudi menuju Aula PGRI di Jalan Sudirman, Kecamatan Garut Kota.

Setiap kotak suara telah tersegel rapi dan berisi juga alat pendukung pemilu di TPS serta surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD.

Namun, Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan atau Panwascam Garut Kota menemukan kekurangan surat suara untuk pilpres di wilayah perkotaan.

Yanyan Hermawan, Koordinator Divisi HUKUM Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2HM), menyatakan bahwa penundaan tersebut disebabkan proses packing yang masih berlangsung di gudang KPU.

Direncanakan bahwa surat suara pilpres untuk wilayah kota akan didistribusikan dalam dua hari mendatang.

“Meskipun demikian, logistik pemilu untuk wilayah kota telah diterima dalam kondisi utuh dan tersegel,” ujar Hermawan.

Camat Garut Kota, Rena Sudrajat, memastikan bahwa aula atau gedung PGRI tempat penyimpanan surat dan kotak suara aman.

“Kami bersama TNI dan Polri akan menjaga keamanan dengan jadwal piket dan pengamanan non-stop selama 24 jam,” kata Rena Sudrajat.(Juhana)

Ditulis oleh Kang Zey

4 Tips Tetap Bugar Dengan Olahraga Saat Berpuasa

Siswa SMA YKBBB Leles Setia Jalani Rutinitas Ucap Salam Pagi Sebagai Wujud Kehormatan dan Ketaatan