in

Film Indonesia sebagai Pemacu Wisata: Pengaruh Positif dan Harapan bagi Generasi Baru

Film Indonesia

GARUTEXPO– Pertunjukan film-film Indonesia yang memperlihatkan berbagai tempat wisata di dalamnya telah membawa dampak positif yang signifikan. Film-film tersebut tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga memacu pertumbuhan ekonomi lokal dengan menarik minat wisatawan untuk berkunjung langsung ke lokasi syuting.

Salah satu contoh yang menonjol adalah film “Ada Apa Dengan Cinta 2” yang berhasil mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta, tempat di mana sebagian besar adegan dalam film itu difilmkan. Hal ini terbukti dari peningkatan kunjungan langsung ke lokasi syuting setelah penayangan film tersebut.

Menurut Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, banyak penonton film tersebut yang penasaran dengan lokasi-lokasi yang ditampilkan sehingga mereka memilih untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut secara langsung. Hal ini disampaikan saat acara Diskusi Film dan Pemutaran Film Pendek Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), di Hotel Harmoni, Jalan Raya Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Minggu (5/5/2024).

Sementara itu, produser dan sutradara terkenal, Prita Gita, menegaskan bahwa film yang mengangkat budaya tidak hanya harus fokus pada pakaian adat, tetapi juga dapat menampilkan keunikan alam dan bahasa daerah.

“Kita bisa menggunakan bahasa daerah dalam film untuk menampilkan keindahan alam khas daerah kita masing-masing,” ujarnya. Prita juga mendorong kolaborasi antara para pelaku film untuk menciptakan karya-karya yang luar biasa di dunia perfilman.

Kepala Koordinator Kelompok Kerja dan Arsip, Nujul Kristanto, berharap akan lahirnya generasi baru dari Garut yang dapat mengukir prestasi dalam perfilman nasional. Kristanto percaya bahwa acara seperti ini dapat menjadi langkah awal menuju kesuksesan bagi bakat-bakat muda Garut di industri perfilman.

“Mudah-mudahan dengan adanya acara seperti ini, dapat menghasilkan generasi baru di dunia film Indonesia yang dapat melanjutkan kesuksesan yang telah dicapai oleh para tokoh sineas nasional saat ini,” ungkapnya.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Dinas Pertanian Garut Lakukan Penanaman Perdana Perbenihan Kentang Tahun 2024

GMNI Garut Minta Usut Tuntas Dugaan Mark Up Anggaran Belanja Sewa Rumah Negara Golongan 1 Pemda Garut