in

KPUD Dilaporkan ke DKPP Terkait Dugaan Pembukaan Segel Kotak Suara Tanpa Pengawasan

KPUD Grobogan

GARUTEXPO– Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Grobogan, Agung Sutopo, memberikan klarifikasi terkait dugaan pembukaan segel kotak suara tanpa pengawasan, Senin 12 Februari 2024.

Langkah ini diambil setelah sejumlah awak media menemukan bahwa beberapa kotak suara Pemilu 2024 yang disimpan di gudang logistik gedung Dewi Sri Purwodadi telah dibuka segelnya oleh petugas KPUD Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada hari Jumat (9/02/2024) lalu.

Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran dalam masyarakat Grobogan, yang merasa kehilangan kepercayaan terhadap lembaga negara yang bernama KPU.

Dalam klarifikasinya kepada wartawan, Agung Sutopo menegaskan bahwa pembukaan segel tersebut merupakan bagian dari wewenangnya sebagai ketua KPUD Grobogan.

“Tindakan tersebut dilakukan untuk keperluan sampling sebelum logistik pemilu digeser ke Panitia Pemungutan Suara (PPK),” tandasnya.

Agung juga menyanggah adanya informasi bahwa kotak suara yang dibuka telah diisi dengan surat suara calon presiden dan wakil presiden tertentu.

Meski demikian, sejumlah aktivis Grobogan akan melaporkan KPUD Grobogan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Agung menyatakan sikap terbuka terhadap laporan tersebut, dengan menegaskan kesiapannya untuk menghadapinya apabila layak diproses.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan merupakan bagian dari otoritasnya untuk memastikan kesiapan logistik pemilu tanpa adanya kesalahan,” ucap Agung. (Awang Wijaya)

Ditulis oleh Kang Zey

30+ Hewan yang Bernapas dengan Paru-Paru beserta Nama Ilmiahnya

Panwascam Karangpawitan Bersihkan Ratusan APK Selama Masa Tenang