in

Mengukir Keberlanjutan Tradisi Batik Tulis Garutan di Garut

Tradisi Batik

GARUTEXPO– Di tengah tantangan globalisasi, Kampung Paledang, Kabupaten Garut, mempertahankan tradisi batik tulis Garutan dengan kokohnya. Dengan perajin seperti Ria Apriani yang gigih menjaga warisan budaya ini, Kampung Paledang telah menjadi pusat batik Garutan yang kuat, dengan motif-motif khas yang beragam.

Dukungan Pemerintah dan Komitmen Pengembangan

Pemerintah Daerah Garut dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Garut mendukung Kampung Batik Paledang untuk mempopulerkan batik tulis Garutan. Melalui berbagai program, seperti studi banding dan sertifikasi keahlian, Kampung Batik Paledang terus berkembang sebagai pusat batik Garutan yang unggul.

Mendorong Inovasi dan Regenerasi

Pemerintah Kabupaten Garut berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi batik tulis Garutan. Dengan menyediakan pelatihan, sarana-prasarana, dan sertifikasi profesi keahlian, mereka memastikan regenerasi para pembatik dari generasi lansia ke generasi milenial. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan standar kompetensi dan eksistensi batik tulis Garutan di pasar lokal maupun internasional.

Visi Ke Depan: Menjadi Ikon Batik Garutan yang Unggul

Kehadiran Kampung Batik Paledang tidak hanya menjadi angin segar bagi batik tulis Garutan, tetapi juga menjadi ikon baru bagi Kabupaten Garut. Dengan terus mengukir keberlanjutan tradisi dan mendorong inovasi, Kampung Batik Paledang berharap dapat menjadi pusat batik Garutan yang sejajar bahkan melampaui batik-batik tulis lainnya, baik secara regional, nasional, maupun internasional.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Kesiapan dan Kelancaran Pemilu 2024 di Jawa Barat Dibahas dalam Rapat Forkopimda

Jelang Peringatan HJG ke-211, Pj Bupati Garut Ziarah ke Makam Bupati Garut Pertama