in

Proses Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Garut Berjalan Lancar, Evaluasi Dilakukan

Pleno Terbuka Rekapitulasi

GARUTEXPO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut tengah menggenjot pelaksanaan pembacaan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di setiap kecamatan.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Garut berlangsung di Ballroom Hotel Harmoni, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu malam (2/3/2024). Hingga saat ini, 20 kecamatan telah melaporkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024.

Dian Hasanudin, Ketua KPU Kabupaten Garut, menyatakan bahwa pembacaan rekapitulasi per kecamatan memakan waktu sekitar 60-90 menit. Meskipun tidak ada masalah teknis yang muncul selama rapat pleno, kendala terjadi dalam ketepatan waktu pelaksanaan rekapitulasi.

“Misalkan kita sepakat memulai jam 9 (tapi) lewat beberapa menit, setiap istirahat misalkan 1 jam pas dibuka, ternyata lebih dari 1 jam, itu yang menjadi kendala-kendala, ketepatan waktu kaitan dengan masa break gitu ya, sehingga setidaknya itu memotong menyita waktu untuk dalam proses rekapitulasi,” ujar Dian.

Meskipun demikian, Dian menyatakan bahwa proses rekapitulasi berjalan lancar, dan kendala-kendala seperti keberatan dari saksi bisa diselesaikan melalui crosscheck data. Evaluasi terus dilakukan untuk memastikan proses berjalan efisien, termasuk mempertimbangkan pembagian panel rapat pleno untuk mempercepat proses pembacaan rekapitulasi, agar target waktu bisa selesai sebelum tanggal 5 Maret 2024.

Dian berharap proses rapat pleno berjalan lancar tanpa kendala teknis atau non-teknis yang dapat menghambat proses rekapitulasi, sehingga hasil pemilu di Kabupaten Garut bisa segera disahkan dan dilanjutkan dengan proses rekapitulasi secara berjenjang untuk tingkat provinsi.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Ketua Paguron, Abah Yanto Bersyukur atas Kesuksesan Sunatan Massal di Galumpit

Gerakan Rabu Bersih Temukan C1 dengan Tanda Tangan Mencurigakan di Proses Rekapitulasi Suara