in

Ratusan Emak-emak dan Perempuan Muda Siap Awasi TPS dalam Persiapan Pemilu di Garut Kota

Awasi pemilu garut kota

GARUTEXPO – GOR Banyu Sinergis Mandala Copong Kelurahan Sukamentri Kecamatan Garut Kota menjadi saksi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti oleh 389 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau PTPS, Sabtu, 10 Februari 2024. Acara yang diselenggarakan oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Garut Kota bertujuan untuk memastikan kesiapan total dalam mengawasi pelaksanaan pemilu pada 14 Februari mendatang.

Dari jumlah pengawas TPS yang hadir, lebih dari 40 persen di antaranya merupakan kaum emak-emak dan perempuan muda yang tersebar di sebelas kelurahan di wilayah Garut Kota. Titin Setiawati, salah satu petugas pengawas TPS, mengungkapkan kepuasannya terhadap bimbingan teknis ini yang membantu persiapan mereka sebagai garda terdepan dalam memantau dan mengawasi jalannya pemilu.

“Adanya bimbingan teknis ini sangat membantu kami dalam mempersiapkan segala hal untuk pelaksanaan pemilu nanti, selain referensi dari buku pedoman, bertanya kepada yang sudah berpengalaman, bimbingan seperti inipun dinilai sangat efektif dan diperlukan,” ujar Titin.

Awasi pemilu garut kota

Ketua Panwascam Garut Kota, Djudju Nujuluddin, menyatakan bahwa Bimtek ini merupakan kelanjutan dari sejumlah pelatihan yang telah dilakukan sejak PTPS dilantik. Keyakinan pun disampaikannya bahwa ratusan PTPS yang hadir akan mampu menjalankan tugasnya secara profesional. Mereka diinstruksikan untuk bersikap netral, tanpa afiliasi partai atau dukungan kepada calon presiden, calon wakil presiden, dan calon legislatif.

Meskipun didominasi oleh kaum perempuan, Ketua Panwascam Garut Kota meyakini bahwa mereka akan menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional saat Pemilu berlangsung.(Juhana)

Ditulis oleh Kang Zey

Polsek Garut Kota Ungkap Kasus Pencurian Sepeda Motor

Ahmad Bajuri, Calon Anggota DPRD Jawa Barat, Menutup Kampanye dengan Bakti Sosial dan Doa Bersama