in

Wisata Kampung Belanda Garut Diisi Orang Belanda Asli

Kampung Belanda Garut
Sumber foto : https://jabar.inews.id/

Wisata Kampung Belanda Garut berlokasi di Cilawu Kabupaten Garut, Kampung Belanda yang ada di garut ini diisi langsung oleh orang-orang keturunan Belanda asli.

Jika kamu Membayangkan wajah khas Eropa berbahasa Sunda dengan logat khas tentu menjadi pengalaman menarik dan bisa memperkaya wawasan tentang sejarah dan kebudayaan yang ada di indonesia.

Di tempat ini kamu bisa menemukan orang-orang berkulit putih dengan mata biru dan hidung mancung seperti halnya orang Eropa pada umumnya.

Tapi jika kamu mengunjungi kampung ini jangan khawatir akan mengalami gagal bahasa karena pengunjung bisa berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Sunda.

Keturunan Kolonial di Garut

Desa ini sudah ada sejak tahun 1930 dan cikal bakal adanya keturunan Belanda sampai sekarang karena adanya kolonial yang menikah dengan penduduk pribumi pada masa lampau.

Dari hasil pernikahan tersebut, sekarang yang hidup di Kampung Belanda Garut adalah turunannya asli.

Secara penampilan, semua penduduk terlihat seperti orang Eropa, sementara jika diajak komunikasi maka yang keluar adalah Bahasa Sunda. Uniknya, tempat ini dihuni oleh satu keturunan dari satu orang laki-laki asal Belanda, bernama Andre Joseph.

Dulu, Andre menikahi tiga wanita pribumi dan memiliki keturunan dari masing-masing istrinya. Kemudian ketiga istri ini melahirkan anak, anaknya melahirkan cucu, dan begitu seterusnya sampai populasi keturunan Andre Joseph meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Cilawu menjadi saksi peninggalan sejarah ketika Indonesia dijajah Belanda selama sekian tahun lamanya.

Di masa kemerdekaan seperti sekarang, keturunan kolonial dan pribumi hidup damai, salah satunya kehidupan di Kampung Belanda Garut yang bisa kamu lihat dan menjadi bukti adanya sejarah masa kolonial belanda di Kabupaten Garut.

Mengunjungi Kota Dodol tanpa berwisata ke desa ini rasanya kurang lengkap. Jumlah penduduknya sedikit, alangkah baiknya datanglah kekampung ini selama sempat sebelum kampungnya kosong karena warga memilih pindah ke tempat tinggal yang lain.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits untuk Kamu

Daya Tarik Kampung Amsterdam Garut

Kampung Belanda Garut
Sumber : https://www.merdeka.com/

Selain menarik dari sisi penduduk yang merupakan keturunan Eropa langsung, tempat ini juga memberikan daya tarik dalam banyak hal. Berbagai daya tarik tersebut dapat disaksikan melalui poin pembahasan berikut ini:

1. Berhias Tanaman Bunga

Memasuki wilayah wisata ini, kamu bisa berhias tanaman bunga bersama penduduk setempat. Amsterdam terkenal dengan bunga tulip yang cantik dan berwarna-warni, sementara di Garut juga tidak kalah cantik dengan variasi bunga lainnya.

2. Saluran Air Raksasa

Memasuki Kampung Belanda Garut maka kamu bisa menyaksikan sisa peninggalan kolonial berupa saluran air berukuran raksasa. Tidak tanggung-tanggung bahkan panjang dari saluran air ini sejauh 300 meter dan sampai saat ini masih bisa berfungsi dengan baik.

3. Bisa Menginap di Lokasi

Pengunjung bisa berbaur dengan penduduk setempat dengan menginap di lokasi langsung. Berbincang dengan warga lokal sambil mengulik sejarah dari sumber yang benar tentu memberikan wawasan baru dan akurat untuk para pengunjung tentang sejarah kampung belanda ini.

Tiga daya tarik tersebut menjadi alasan banyak pengunjung tertarik untuk mengunjungi Kabupaten Garut satu ini. Ada banyak rekomendasi wisata terbaik di sini, salah satunya memang Kampung Belanda Garut dengan berbagai fasilitas lengkap.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki wisata ala Eropa ini kamu cukup membayar tiket Rp5 ribu dan lokasinya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit saja.

Tempat wisata ini beroperasi selama 24 jam dalam 7 hari sehingga kamu bisa mengunjunginya kapan saja.

Tapi, kami menganjurkan untuk datang di pagi hari sekitar jam 8 agar bisa menikmati asrinya udara sekitar. Sepulang wisata bisa mengunjungi tempat oleh-oleh untuk memberikannya kepada keluarga, teman, tetangga, dan sebagainya saat kembali ke kota asal.

Ada banyak hal menarik di dalam negeri yang tidak kalah dari berbagai negara lain. Informasi mengenai Kampung Belanda Garut tersebut bisa menjadi referensi ketika nanti kamu menentukan destinasi liburan.

Jangan lupa, terus update informasi dan pengetahuanmu tentang wisata melalui laman Garutexpo.com, ya.

Semoga bermanfaat!

Sumber:

https://www.metropolitan.id/berita-hari-ini/pr-9536948131/daya-tarik-kampung-belanda-garut-temukan-banyak-keunikan-disini

https://infogarut.id/etnis-belanda-di-kampung-amsterdam-cilawu

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/05/22/intip-kampung-amsterdam-jejak-jejak-peninggalan-belanda-di-garut

https://wisatahits.blog/mengungkap-sejarah-dan-asal-usul-kampung-belanda-di-garut-okezone-travel-75620/

 

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits untuk Kamu

Daftar Makanan Khas Garut untuk Melengkapi Wisata Kuliner