in ,

Daftar Makanan Khas Garut untuk Melengkapi Wisata Kuliner

Makanan Khas Garut

Kenali berbagai makanan khas Garut yang bisa dinikmati langsung saat mampir ke kotanya atau membawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu yang terkenal dari Kabupaten Garut ini adalah dodol, sejak dulu sampai sekarang masih ramai peminat karena rasanya yang legit.

Namun, seiring berjalannya waktu ternyata bermunculan produk baru yang juga tidak kalah menarik selain dodol. Untuk mengenali apa saja rekomendasi kuliner tersebut, mari simak dalam penjelasan berikut ini!

Aneka Makanan Khas Garut

Ada berbagai rekomendasi makanan khas Garut yang bisa dinikmati bersama teman maupun keluarga di tempat ketika mengunjungi Garut saat liburan.

Beberapa bahkan bisa dibawa pulang untuk dinikmati di rumah atau dijadikan oleh-oleh untuk tetangga, teman, juga keluarga di rumah.

1. Kue Burayot

Makanan Khas Garut

Orang Sunda sepertinya sudah tidak asing dengan sajian kuliner tradisional satu ini. Rasanya mirip seperti kue cincin atau pada beberapa daerah di Sunda disebut sebagai kueh ali. Burayot memiliki cita rasa manis dari komposisi gula merahnya, cocok disantap bersama teh di waktu siang maupun sore hari.

Burayot secara tampilan mirip seperti bungkusan bundar yang berat ke bawah, makanya disebut burayot. Keturunan Sunda mungkin bisa membuat kuenya sendiri di rumah, namun menikmati langsung dari tempatnya tentu akan terasa lebih berkesan.

Baca Juga : Wisata Kampung Belanda Garut Diisi Orang Belanda Asli

2. Bakso Aci

Makanan Khas Garut

Bakso aci menjadi makanan khas Garut yang terbilang baru karena inovasi menyatukan aci dengan kuah bakso baru ramai saat ini.

Bermula dari Garut, lalu menyebar ke seluruh Indonesia, banyak orang memproduksi bakso aci dengan berbagai cita rasa.

Sebenarnya bakso aci ini bisa kamu beli secara online saja, namun menikmati kudapannya langsung di tanah Sunda tentu lebih berkesan.

Semangkuk bakso aci biasanya akan semakin nikmat dengan segelas es jeruk atau es teh manis, terasa segar sampai tenggorokan.

3. Dodol Piknik

Makanan Khas Garut

Dodol merk Piknik sudah sejak lama mengisi toko-toko oleh-oleh di berbagai titik, termasuk terminal bus. Dari dulu sampai sekarang dodol menjadi kuliner khas Garut yang menarik banyak peminat dari generasi tua sampai ke generasi muda.

Sekalipun sudah banyak makanan khas Garut lainnya bermunculan, namun Dodol Piknik tetap memiliki tempat tersendiri di hati banyak orang. Dodol Piknik termasuk oleh-oleh yang bisa didapatkan dari mana saja, bahkan bisa dibeli dari minimarket terdekat.

4. Opak Beras

Makanan Khas Garut

Opak dari beras atau tepung beras menjadi kuliner berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

Sensasi krispi dan gurih dari opak bisa menjadikan sajian kuliner ini sebagai teman nasi atau digado begitu saja saat menikmati waktu santai.

Opak bahkan tidak hanya menjadi kudapan favorit orang Sunda, tetapi juga banyak orang dari luar Sunda menyukainya. Opak harus diolah dengan baik untuk menghadirkan cita rasa krispi dan tidak keras, apalagi melempem.

5. Es Goyobod

Makanan Khas Garut

Es goyobod melengkapi daftar makanan khas Garut lainnya yang menarik untuk dicoba. Rasa manis dan dingin dari esnya membuat kuliner ini cocok disantap saat siang hari, dimana terik matahari membuat orang merasa kegerahan.

Menikmati soto di pinggir sawah diakhiri dengan penutup es goyobod akan semakin menyempurnakan momen liburan. Kamu bisa menikmati seporsi es goyobod dengan atau tanpa sajian pelengkap lainnya ketika berlibur ke Garut ini.

Lima rekomendasi makanan dan minuman yang kami sebutkan bisa menjadi referensi saat kamu datang ke Garut. Selain menikmati keindahan alam dan wisata buatan, kamu juga bisa memanjakan perut dan lidah dengan berbagai makanan khas Garut di atas tadi.

Jangan lupa, terus update informasi dan pengetahuanmu tentang wisata melalui laman Garutexpo.com, ya.

Semoga bermanfaat!

Sumber:

https://www.traveloka.com/id-id/explore/culinary/makanan-khas-garut-acc/267613
https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-garut/#6_Opak

 

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

Wisata Kampung Belanda Garut Diisi Orang Belanda Asli

Ketua DPC Partai Gerindra Garut, Enan, S.M Hanya Raih 435 Suara; Terpaut Jauh dari Yuyuk Tien Rahayu dalam Perhitungan Suara Sementara Pemilu 2024