in

6 Makanan Manis untuk Takjil Buka Puasa, Nikmat dan Sehat

Takjil Buka Puasa

Takjil Buka Puasa Berburu takjil saat ngabuburit merupakan satu dari sekian banyak keunikan bulan Ramadan yang hanya ada di Indonesia. Ya, inilah keistimewaan bulan puasa. Dalam Islam, berbuka puasa pada dasarnya dilakukan sesegera mungkin ketika tiba waktunya. Dahulu, Nabi Muhammad membatalkan puasa dengan memakan ruthob atau kurma segar. Bila tidak ada, diganti dengan kurma biasa atau cukupkan meneguk air putih.

Seiring berkembangnya zaman, umat Islam terus menciptakan ide-ide menarik agar momen bulan Ramadan semakin berkesan dan senantiasa dirindukan. Salah satunya dengan menjajakan aneka makanan manis untuk takjil buka puasa. Bukan hanya soal cita rasa yang nikmat, tapi juga memiliki manfaat kesehatan. Apalagi, saat menjalankan puasa, cairan elektrolit tubuh berkurang. Maka dari itu, sangat penting menjaga keseimbangan cairan dengan mengonsumsi makanan manis dan sehat.

Kali ini, Garutexpo punya referensi makanan manis, enak, dan sehat sebagai menu takjil berbuka yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain lebih higienis, hitung-hitung hemat biaya juga, kan?

KOLAK

Takjil Buka Puasa
SUMBER: IG @KOLAKMURNI

Siapa nih yang di rumahnya wajib menyajikan kolak saat bulan Ramadan? Ya, memang menu satu ini selalu jadi idola banyak orang, apalagi mengingat anjuran untuk berbuka puasa dengan yang manis. Orang Indonesia sendiri paling sering membuat kolak dengan bahan dasar pisang. Selain pisang, bisa juga menggunakan ubi atau labu kuning. Tekstur lembut berpadu dengan cita rasa manis yang menyegarkan mampu mengembalikan energi setelah berpuasa.

Baca Juga : Sederet Keunikan Bulan Ramadan yang Hanya Ada di Indonesia

Kalau kamu tidak terlalu suka makanan bersantan, jangan cemas. Untuk kuah kolak, kamu bisa mengganti santan dengan susu skim rendah lemak agar lebih sehat. Di Indonesia, ada beberapa jenis kolak terkenal yang sering tersaji saat buka puasa. Misalnya, kolak kolang-kaling, kolak biji salak atau candil, kolak pacar cina, dan kolak durian. Semuanya nikmat disajikan dingin atau hangat.

BUBUR KACANG HIJAU

Takjil Buka Puasa
SUMBER: IG @KENADROFFICIAL

Kudapan satu ini memang menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Tidak harus menunggu bulan puasa pun yang jualan ada di mana-mana. Bubur kacang hijau juga bisa jadi ide takjil untuk berbuka puasa. Rasanya manis dan gurih.

Soal manfaat jangan diragukan. Kacang hijau memiliki kandungan gizi tinggi seperti kalsium, vitamin (A, B, C), zat besi, dan folat. Oh ya, di Indonesia sendiri ada beragam loh jenis bubur. Tidak hanya berbahan dasar kacang hijau, ada pula bubur ketan hitam, bubur sumsum, bubur sagu, bubur candil, bubur jali-jali, bubur manggul, bubur mutiara, dan bubur pedas.

Baca Juga : Hemat Tanpa Minyak! 12 Menu Berbuka Pengganti Gorengan

SUP BUAH

Takjil Buka Puasa
SUMBER: IG @SOPBUAHPAKEWOK

Stand penjual sup buah pasti banyak ditemui di pinggir jalan saat bulan Ramadan. Alasannya tentu karena ingin menyantap kudapan yang segar-segar setelah seharian menahan dahaga. Cara membuat sup buah gampang banget, loh. Yang penting siapkan 3-4 jenis buah. Lalu, dipotong berukuran kecil dan dimasukkan dalam gelas atau mangkuk saji.

Setelah itu, tuangkan sirup dan kental manis secukupnya. Biar tidak eneg saat dimakan, diamkan beberapa menit di dalam kulkas atau tambahkan es yang sudah diserut. Kebayang, kan, gimana nikmatnya sup buah dingin? Yummy!

DESSERT BOX

Takjil Buka Puasa
SUMBER: IG @DESSERTBOX.MDN

Salah satu menu takjil kekinian yang disukai anak-anak muda adalah dessert box. Jadi, dessert box adalah sajian manis yang biasanya terdiri dari bolu atau biskuit sebagai base ingredient. Dipadukan dengan krim dan aneka topping yang disajikan di dalam wadah kecil berbentuk kotak.

Kamu bisa menggunakan bolu atau biskuit apa pun untuk membuat dessert box homemade versi kamu, mulai dari biskuit susu, biskuit cokelat, bolu keju, dan banyak lagi lainnya. Tekstur lembut dan rasa yang manis pasti bikin kamu ketagihan. Kalau biasanya dessert box dijual dalam porsi kecil, kini kamu bisa bikin sendiri di rumah dalam ukuran lebih besar. Bisa disantap bareng keluarga, deh.

Baca Juga : Daftar Makanan Khas Garut untuk Melengkapi Wisata Kuliner

PUDING BUAH

Takjil Buka Puasa
SUMBER: PIXABAY (RITAE)

Kombinasi agar-agar dan buah segar dalam seporsi puding bisa menjadi salah satu opsi snack takjil Ramadan pengganti gorengan, nih. Selain rasa yang menggugah selera, teksturnya lembut, dan pastinya sehat. Puding memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena bahan dasarnya terbuat dari rumput laut yang kaya akan serat.

Manfaatnya seperti membantu menjaga tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan, hingga takjil sehat untuk menu diet. Selain dipadukan dengan buah, kamu bisa kreasikan puding sesuai selera. Mulai dari puding susu, roti, cokelat, biskuit, yoghurt, dan telur.

PISANG BAKAR

Takjil Buka Puasa
SUMBER: IG @PISANGBAKARLAMIA

Sobi penggemar menu olahan pisang? Yuk, bikin pisang bakar untuk takjil berbuka. Takjil satu ini cukup banyak diminati pencinta kudapan manis, meski bukan sesuatu yang baru di dunia kuliner. Makanya, hingga saat ini, pisang bakar menjadi camilan yang sering dicari, apalagi saat bulan puasa seperti sekarang.

Kalau mager ke luar rumah, kamu bisa kok membuat pisang bakar sendiri. Hanya membutuhkan dua bahan utama, yaitu pisang ambon dan mentega. Kreasikan dengan berbagai topping seperti cokelat, meses, keju, almond, karamel, green tea, selai buah-buahan, dan lainnya. Praktis, kan?

Nah, dari semua makanan manis di atas, mana nih favoritnya Sobi sebagai menu takjil berbuka puasa? Tentu, ada banyak lagi kudapan yang bisa disantap dengan mempertimbangkan kandungan gizinya. Semoga informasi di atas bisa menginspirasi, ya!

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

Hemat Tanpa Minyak! 12 Menu Berbuka Pengganti Gorengan

Mal Ciplaz Garut Diresmikan oleh Pj Bupati Barnas Adjidin