in

Hemat Tanpa Minyak! 12 Menu Berbuka Pengganti Gorengan

Menu Berbuka

Gorengan udah menjadi menu takjil wajib masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Biasanya, buka puasa itu dimulai dengan kolak atau es campur kemudian baru gorengan. Pokoknya, kalau buka puasa tanpa gorengan itu rasanya nggak lengkap rasanya, deh. Setuju nggak?

Boleh aja sih berbuka puasa dengan gorengan. Namun, kalo makannya selama 30 hari penuh, itu nggak baik untuk tubuh, loh.

Untuk menyiasati hal tersebut, Garutexpo punya rekomendasi aneka menu takjil Ramadan pengganti gorengan, nih. Selain menyehatkan, tentunya bisa membantu meringankan pengeluaran kamu. Apa aja sih menunya? Gasss.. simak di bawah ini.

1. PUDING

Menu Berbuka

Menu Berbuka yang pertama Puding bisa menjadi salah satu opsi snack takjil Ramadan pengganti gorengan, nih. Selain rasanya yang menggugah selera, teksturnya lembut, dan pastinya bisa menjadi alternatif menu takjil sehat. Tahu nggak sih, ternyata puding itu memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh karena bahan dasarnya terbuat dari rumput laut yang kaya akan serat. Seperti membantu menjaga tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan, hingga takjil sehat untuk menu diet. Kamu bisa kreasikan puding sesuai selera. Mulai dari puding susu, buah, roti, hingga plain puding dengan rasa favorit.

Baca Juga : Daftar Makanan Khas Garut untuk Melengkapi Wisata Kuliner

2. KUE SUS

Selanjutnya Menu Berbuka Perpaduan antara tekstur kue yang gurih dan vla yang manis terasa lumer di mulut, duhh.. Kombinasi sempurna untuk jajanan takjil buka puasa. Bikinnya pun nggak ribet! Hanya butuh empat bahan utama yaitu telur, tepung terigu, margarin, dan susu. Sisanya untuk topping atau rasa vla bisa kamu kreasikan sendiri, ya.

3. KUE LUPIS

Menu Berbuka

Makanan takjil Ramadan satu ini terbuat dari beras ketan dengan teksturnya yang kenyal dan legit. Lantaran bahan utamanya dari beras ketan, kue lupis mengandung banyak manfaat, loh. Salah satunya adalah memiliki nutrisi yang tinggi bagi tubuh dan mencegah diabetes. Bagi kamu yang ingin berkreasi jajanan takjil kekinian, bisa banget mengombinasikan kue lupis dengan varian topping kekinian seperti keju, bubuk matcha, cokelat, dan oreo.

4. MACARONI SCHOTEL

Menu Berbuka

Selanjutnya menu berbuka Rekomendasi menu takjil hemat lainnya adalah macaroni schotel. Yups, menu takjil kekinian satu ini memang udah nggak asing banget di kalangan masyarakat. Terkenal dengan rasanya yang creamy dan gurih berkat perpaduan berbagai macam bahan seperti sayur, smoked beef, susu, dan keju. Cara membuatnya pun gampang alias nggak ribet! Ada pilihan teknik baked atau kukus bagi kamu yang nggak punya oven. Rasa kejunya creamy dan lumer bikin kamu nambah terus, deh, waktu buka puasa.

5. KLAPERTART

Menu Berbuka

Jajanan klapertart bisa masuk daftar makanan takjil pengganti gorengan, nih. Fyi, klapertart dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Asal muasal kudapan ini dipengaruhi oleh kolonial Belanda loh, dan biasanya disantap saat dingin. Cocok banget kan untuk inspirasi menu takjil? Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan creamy dikombinasikan dengan renyahnya topping almond serta kismis. Duhh.. Terasa pas banget!

6. BOLA-BOLA COKELAT

Menu Berbuka

Selanjutnya menu berbuka Lagi cari ide takjil untuk buka puasa? Kamu bisa coba membuat kudapan takjil kekinian dan murah meriah satu ini. Bola-bola cokelat atau kue rambutan cokelat namanya. Makanan takjil Ramadan ini simple banget buatnya. Kamu hanya butuh bahan cokelat, biskuit, kental manis, dan mentega. Ternyata camilan berbahan dasar cokelat ini menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan, loh. Dirangkum dari Halosehat, 100 gram cokelat mengandung energi 565 kalori, 200 miligram kalsium, dan 405 miligram kalium. So, bola-bola cokelat ini bisa jadi opsi menu takjil sehat, asalkan nggak dikonsumsi secara berlebihan.

7. UBI REBUS

Menu Berbuka

Selanjutnya menu berbuka Ide takjil pengganti gorengan lainnya adalah ubi rebus. Siapa sih yang nggak kenal ubi, si kecil yang menyimpan segudang manfaat. Biasanya ubi rebus bisa langsung disantap saat berbuka puasa atau dikombinasikan sebagai bahan pelengkap dalam kolak. Rasa manis alami dari ubi ini bisa meningkatkan kadar gula darah yang turun saat berpuasa. Fyi, rasa manis alami yang dihasilkan dari ubi juga dapat mengontrol gula darah. Jadi, no worries ya! Selain itu, ubi juga kaya akan vitamin C dan vitamin B6 yang dapat membantu mencegah serangan jantung.

8. SMOOTHIES

Menu Berbuka

Selanjutnya menu berbuka Siapa di sini pencinta smoothies? Kudapan satu ini bisa masuk ke dalam list makanan takjil untuk buka puasa. Nggak cuma sehat, tapi juga enak. Buka puasa dengan smoothies bikin badan kamu kembali berenergi dan segar, loh. Kamu juga bisa mengkreasikan isian dan topping smoothies sesuai dengan selera. Seperti banana blackberry smoothie, tropical smoothie, banana berries smoothie, dan masih banyak lagi lainnya. Pokoknya kudapan satu ini bisa jadi inspirasi kamu untuk membuat makanan takjil kekinian yang sehat.

9. BUBUR KACANG IJO

Menu Berbuka

Siapa sih yang nggak suka bubur kacang ijo? Kudapan satu ini memang menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Nggak harus menunggu bulan puasa pun yang jualan ada di mana-mana. Bubur kacang ijo juga bisa jadi ide makanan takjil buka puasa. Selain rasanya yang manis dan gurih, bubur ini juga sehat untuk tubuh. Kalau pas buka puasa, kamu bisa menambahkan topping ice cream biar makin segar. Nggak lupa topping tambahan seperti mangga, nata de coco, atau jelly biar makin endeus!

10. TAHU BAKSO

Menu Berbuka

Siapa bilang tahu bakso cuma digoreng aja? Tahu bakso kukus juga ada dan nggak kalah enak rasanya. Perpaduan rasa gurih dan asin dengan tekstur kenyal dari tahu bakso bisa jadi opsi yang tepat untuk takjil Ramadan pengganti gorengan. Untuk membuat snack takjil ini lebih istimewa, iIsiannya bisa dikreasikan dengan berbagai macam bahan seperti sayuran, cabai, atau jamur.

11. KIMBAB

Menu Berbuka

Selanjutnya menu berbuka Hayo, siapa di sini yang menggemari makanan Korea? Kimbab atau sushi-nya Korea, bisa jadi inspirasi menu takjil ala Korea, loh. Bahannya pun simple, mudah dicari, dan yang pasti bikin kenyang. Kamu hanya butuh nori lembaran, minyak wijen, biji wijen, nasi, dan isian. Isiannya bisa kamu sesuaikan dengan selera, seperti sosis, kornet, bayam rebus, buncis, daging panggang tipis, dan telur dadar.

12. SALAD BUAH

Menu Berbuka

Berbuka puasa dengan yang segar-segar memang nikmat banget, deh! Salah satu menu takjil sederhana yang mudah dibuat adalah salad. Bahan utama hanya membutuhkan buah-buahan segar dan topping yang disesuaikan dengan selera. Kamu bisa tambahkan nata de coco, keju parut, kacang almond, yogurt, atau jelly. Nggak lupa tambahkan es batu biar makin segar saat berbuka puasa.

Nah, itu dia 12 menu takjil pengganti gorengan yang sehat, simple, dan lumayan terjangkau. Bahan-bahannya pun gampang dicari. Kalau Sobi, ingin mencoba menu nomor berapa? Semoga informasi di atas bisa menginspirasi, ya!

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

Ponpes Rumah Qur’an Yava Al. Barokah Pasirwangi: Keramasan Istimewa Menyambut Bulan Suci Ramadhan

6 Makanan Manis untuk Takjil Buka Puasa, Nikmat dan Sehat