in

Kera Liar Serang Warga di Garut: Satu Tewas, Dua Luka

Kera liar

GARUTEXPO– Seorang warga bernama Rusli (62 tahun) dari Kampung Angkrek, RT 01 RW 14, Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, meninggal dunia dalam insiden tragis ketika mencoba menangkap seekor kera liar.

Kejadian tersebut juga menyebabkan dua korban lainnya terluka, yakni Suripto (58 tahun) dengan luka sobek di tangan, dan seorang anak berusia lima tahun bernama Ahdan yang mengalami gigitan di bagian paha. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 06.30 WIB, Kamis (21/3/ 2024).

Camat Cibatu, Sardiman Tanjung, menjelaskan kronologi kejadian bahwa para korban berusaha menangkap kera liar menggunakan tali dan tongkat, tetapi kera tersebut malah menyerang mereka. Akibatnya, Rusli terjatuh dan meninggal dunia, terlebih ia memiliki riwayat penyakit jantung.

Dua saksi, Agus Suhendar dan Jajang Nurjaman, ketua RW 14, menyatakan bahwa Suripto mengalami luka sobek di tangan akibat serangan kera, sementara Ahdan digigit dua hari sebelumnya saat sedang bermain.

Kera liar tersebut telah berkeliaran di desa tersebut selama seminggu.

Langkah-langkah darurat telah diambil, termasuk pengecekan lokasi kejadian, koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan Puskesmas Cibatu, evakuasi korban, dan pengamanan di lokasi. Setelah berkonsultasi dengan pihak berwenang, kera liar tersebut dilumpuhkan menggunakan senapan angin.

Saat ini, situasi dinyatakan aman dan kondusif setelah kejadian yang mengguncang warga Kampung Angkrek.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Barnas Adjidin: ‘Saya Dengar Suara Rakyat Garut Langsung dari Media Sosial

Kepala Sekolah SDN 1 Cisaat Diduga Membujuk Bawahannya untuk Berbohong kepada Media