in

Maju Pilkada Garut, Putri Karlina: Semangat Anak Muda dan Transformasi Birokrasi Menjadi Motivasi Utama

Pilkada Garut

GARUTEXPO – Calon Bupati Garut, drg. Hj. Putri Karlina, MBA, menegaskan motivasinya dalam mencalonkan diri di Pilkada Garut 2024. Menurutnya, semangat anak muda menjadi pendorong utama dalam upayanya membawa perubahan bagi Kabupaten Garut.

“Motivasi saya tentu saja karena saya adalah anak muda. Saya ingin memberikan semangat anak muda ke dalam pemerintahan Garut dan membangun Kabupaten Garut yang hebat,” ujar Putri dalam konferensi pers di Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Tarogong Garut, Minggu, 07 Juli 2024.

Putri juga menyampaikan bahwa dukungan dari Partai Nasdem sangat berarti bagi dirinya untuk berkontribusi dalam kontestasi politik ini. “Semangat anak muda ini Alhamdulillah disambut baik oleh Partai Nasdem. Saya memilih Partai Nasdem karena kenyamanan saya terhadap partai ini dan saya akan mengikuti arahan dari jajaran Partai Nasdem dalam menentukan calon pasangan yang terbaik,” tambahnya.

Terkait program prioritasnya setelah dilantik nanti, Putri berkomitmen untuk tetap konsisten pada visinya “Garut Hebat”. Ia menyatakan bahwa programnya akan fokus pada pembangunan yang akseleratif namun tetap mempertahankan ekonomi yang berkelanjutan.

“Prioritas pembangunan saya ada pada revitalisasi pertanian dan pemaksimalan potensi pariwisata, dengan pendidikan dan kesehatan tetap menjadi hal wajib untuk dikembangkan di Kabupaten Garut,” ungkapnya.

Menjawab pertanyaan tentang tantangan pelayanan di Kabupaten Garut, Putri menyebutkan bahwa transformasi tata kelola birokrasi menjadi PR besar yang harus diselesaikan.

“Berbagai program tidak akan berhasil jika pelayanan dan eksekusi di lapangannya tidak maksimal. Maka dari itu, perubahan atau reformasi mental dan kultur kerja, terutama para ASN, akan menjadi fokus utama,” jelasnya.

Putri juga berharap kehadirannya dalam Pilkada ini dapat meningkatkan peran perempuan dalam pemerintahan. “Saya berharap bisa memberikan wujud nyata dan sedikit melumpuhkan stigma patriarki di Kabupaten Garut. Perempuan punya sudut pandang yang berbeda dan bisa menggenapkan perbedaan tersebut untuk kemajuan pemerintahan,” tegasnya.

Ketika ditanya tentang bekalnya dalam maju di Pilkada, Putri mengungkapkan bahwa persiapan mental dan menunjukkan kemampuan profesional adalah kunci utama.

“Perempuan bisa memimpin tanpa ada embel-embel emosional atau kelemahan. Saya ingin menunjukkan bahwa perempuan bisa profesional dan memimpin pemerintahan dengan sukses,” paparnya.

Ketua DPD Partai Nasdem Garut, Hendi Sutresna, menyatakan bahwa partainya memilih Putri karena kesamaan visi dan misi yang dimiliki. “Partai Nasdem sudah menjalin komunikasi dengan Putri beberapa kali dan kita berdiskusi panjang tentang persoalan-persoalan mendasar di Garut. Kesamaan visi dan misi inilah yang menjadi dasar keputusan kami untuk mendukung Putri,” jelas Hendi.

Nasdem juga menolak birokrasi yang rumit dan mendukung demokrasi yang lebih sederhana dan efisien. “Manifesto Partai Nasdem menolak demokrasi dengan cara-cara rumit. Proses Pilkada seharusnya tidak perlu melalui tahapan yang jelimet,” tambah Hendi.

Terkait strategi koalisi, Hendi menyampaikan bahwa Nasdem akan terus berkomunikasi dengan partai-partai lain untuk mencapai syarat minimal 10 kursi di DPRD Garut. “Masih banyak waktu untuk mencari titik temu dengan partai lain,” pungkasnya.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Wakapolres Garut Tegaskan Komitmen Polri Berantas Judi Online

Dai Kamtibmas Polres Garut Berikan Imbuan dalam Kegiatan Shubuh Akbar di Masjid Besar Pakenjeng