in

Menkop UKM RI dan Pj. Bupati Garut Resmikan Rumah Produksi Bersama

_ Untuk Peningkatan Kualitas Produk Kulit Garut€

Koperasi

GARUTEXPO – Menteri Koperasi Usaha Kecil Mikro (Menkop UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki, dan Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, secara resmi meresmikan Rumah Produksi Bersama (RPB) di Jalan Guntur, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, pada Sabtu (17/02/2024).

Peresmian RPB ini menjadi bagian dari perayaan hari jadi ke-211 Kabupaten Garut, dengan tujuan meningkatkan standar produk kulit khas daerah tersebut.

Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin, menegaskan bahwa produk kulit Sukaregang telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Garut, baik karena keberagaman maupun kualitasnya yang bersaing dengan produk internasional. Ia juga menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan RPB dengan efektif, mengingat investasi dalam peralatan produksi modern memerlukan biaya yang tidak sedikit.

“Ini barang yang sangat mahal, dan tadi kita melihat hasil laser cutting-nya sangat presisi, nah tentu dengan presisi ini akan menghasilkan produk unggulan yang tidak kalah oleh dunia luar, bahkan bisa dijual ke tempat-tempat lain,” ujar Barnas.

Selain itu, Menkop UKM RI, Teten Masduki, menyoroti pentingnya kualitas dalam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan adanya RPB yang dilengkapi dengan peralatan produksi modern, ia berharap produk kulit khas Garut dapat semakin berkualitas dan bersaing di pasar global.

Teten juga menekankan perlunya manajemen yang efisien terhadap RPB untuk memastikan kelangsungan dan perkembangan bisnis ini. Dia juga mengusulkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Garut melengkapi RPB dengan mesin-mesin baru setiap tahunnya untuk mendukung pertumbuhan bisnis ini.

Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Produksi UMKM Kulit

RPB ini diharapkan dapat menjadi pusat pengolahan produk bagi pelaku UMKM kulit di Kabupaten Garut, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi mereka.

“Jadi saya Pak Bupati tidak melihat ini sebagai fisik, tapi ini konsep besar kita mulai untuk membangun industrialisasi, nah ini harus dipahami oleh semua, karena kita nggak boleh membuat produk yang sama terus kualitasnya, kita harus maju,” tandasnya.

Ditulis oleh Kang Zey

Tiga Rumah Dilalap Api di Desa Sukajaya, Yudha Beri Dukungan

Di Momen HJG, Program ‘Kota Masa Depan’ Diluncurkan untuk Memperkuat Brand Lokal