in

Ribuan Obat-obatan Keras Diamankan Polres Garut

Obat-obatan

GARUTEXPO – Satuan Reserse Narkoba Polres Garut kembali mengamankan ribuan obat-obatan keras terbatas, menunjukkan komitmen nyata Polres Garut dalam memberantas narkoba. Banyaknya pengungkapan kasus terkait obat-obatan terlarang dan narkotika menjadi bukti nyata kinerja Polres Garut selama ini.

Hari ini, Selasa, 25 Juni 2024, Satuan Reserse Narkoba (Sat Narkoba) Polres Garut berhasil mengamankan satu orang laki-laki, “IM” (21), warga Kabupaten Bireuen, Aceh, yang merupakan tersangka tindak pidana di bidang kesehatan.

Kapolres Garut, AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, melalui Kasat Reserse Narkoba, AKP Juntar Hutasoit, S.H, M.H., menyebutkan bahwa pelaku ditangkap di daerah Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

“Disaat yang bersamaan dengan diamankannya pelaku, Sat Narkoba Polres Garut juga mengamankan barang bukti berupa 4.978 tablet/butir obat jenis Tramadol, satu buah handphone, dan satu lembar screenshot bukti percakapan,” ujar AKP Juntar Hutasoit.

Menurut keterangan “IM” (21), dirinya mendapatkan obat keras terbatas yang diduga jenis Tramadol tersebut melalui sistem COD. Pelaku juga mengaku telah melakukan aksinya sejak Januari 2024, menjual obat-obatan tersebut tanpa adanya petunjuk atau resep dari dokter dan digunakan tanpa ada riwayat atau diagnosa medis, baik untuk terapi atau pengobatan lainnya.

“Dalam menjual obat tersebut, pelaku tidak dilengkapi dengan kemampuan dalam melakukan tindakan yang berkaitan dengan sediaan farmasi,” tambah AKP Juntar Hutasoit.

Pelaku akan disangkakan dengan Pasal 435 dan/atau Pasal 436 ayat (2) UU RI No. 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Kini, pelaku beserta barang bukti telah dibawa ke Polres Garut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar melaporkan kepada Polres Garut maupun Polsek apabila di lingkungannya diduga ada aktivitas jual beli obat terlarang dan minuman keras,” tutup AKP Juntar.

Ditulis oleh Kang Zey

Pengurus Komite SDN 1 Depok Gelar Kenaikan Kelas dan Pelepasan Siswa Kelas 6

Kepala Kelurahan Sukakarya Hadiri Pelepasan Siswa Kelas 6 SDN 1 Sukakarya