in

Panwaslu Pakenjeng Gelar Bimtek untuk Peningkatan Kesiapan Pengawasan Masa Kampanye 2024

Bimtek Panwaslu

GARUTEXPO– Ketua Panwaslu Kecamatan Pakenjeng, Ahmad Abdul Malik, S.Pd. M.Pd., memimpin kegiatan pembinaan Panwas Kelurahan atau Desa (PKD) terkait masa kampanye pemilu 2024, Jumat, 26 Januari 2024. Kegiatan ini melibatkan 13 Desa yang telah aktif dalam tahapan pengawasan sejak 28 November 2023.

“Dengan 60 hari masa kampanye, penting bagi kita semua untuk memahami regulasi dan potensi pelanggaran. Sebagai pengawas, kita harus siap menghadapi setiap tahapan kampanye,” tandas  Abdullah Malik.

Ia juga menyoroti strategi sosialisasi kepada berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, pemuda, dan pemilih pemula.

Sementara Divisi Penanganan Pelanggaran, Jalaluddin Abdul Wahid, S. Ud, menekankan pentingnya pengawasan terhadap calon legislatif yang melakukan kampanye tanpa Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP).

“Kita berhak mencegah pelanggaran sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Bimtek Panwaslu
Suasa Bimbingan teknis
untuk meningkatkan kesiapan pengawasan pemilu tahun 2024, di Aula kantor kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jumat, 26 Januari 2024.

Koordinator Divisi Pencegahan Parmas & Humas, Wisnu Samiaji, S.Ip, mengingatkan PKD tentang kerawanan netralitas ASN selama kampanye.

“Upaya pencegahan dengan cara persuasif dapat meminimalisir konfrontasi di masyarakat,” tambahnya.

Dalam arahannya, Abdul Malik menegaskan pentingnya pengawasan terhadap alat peraga dan disiplin dalam memahami regulasi.

“Kedisiplinan dan pemahaman regulasi adalah kunci dalam pengawasan pemilu,” katanya.

Sekmat Kecamatan Pakenjeng, Irpan Fitriana, S.PdI, juga menekankan bahwa PKD harus memaksimalkan tugasnya sebagai penyelegaran pemilu di tingkat desa dan memahami aturan-aturan KPU dan Bawaslu.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Pegawai Kecamatan Leles dan Siswa SMK Muhamadiyah 1 Bergotong Royong

KPPS Desa Karangtengah Tanam Bibit Pohon, Wujud Peduli Lingkungan Pasca Pelantikan