in ,

Ketua FPPG Mengecam Bupati Garut Pasang Badan Dalam PMA Tanpa Amdal

Bupati Garut Rudy Gunawan pembangunan pabrik PT.SSI Silver Skyline Indonesia

GARUTEXPO– Ketua Forum Pemuda Peduli Garut (FPPG), Asep Nurjaman, S.Pd, mengecam Bupati Garut, Rudy Gunawan, atas pasang badan dalam Proyek Penanaman Modal Asing (PMA) tanpa Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Asep Nurjaman menilai bahwa Bupati Rudy seharusnya bersikap bijak dalam menanggapi polemik pabrik yang jelas belum memiliki amdal. mengingat salah satu syarat dasar proyek tersebut adalah Amdal.

Yang ideal nya Bupati Garut harusnya bersurat ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehidupan (LHK) untuk menghentikan segala aktivitas pembangunan pabrik yang belum mengantongi izin.

“Kita bukan anti investasi, bukan menolak program pemerintah, tetapi Amdal adalah syarat penting untuk pembangunan pabrik besar, PT Silver Skyland Indonesia. Jangan sampai Bupati Garut salah kaprah mendukung pabrik yang jelas belum memiliki Amdal, ini kan jelas adanya pelanggaran,” ungkap Asep Nurjaman kepada garutexpo.com, Sabtu, 20 Januari 2024.

Bupati Garut Rudy Gunawan pembangunan pabrik PT.SSI Silver Skyline Indonesia
Ketua DPP FPPG, Asep Nurjaman, S.pd

Selama proses perizinan masih berjalan, dilarang melakukan aktivitas apapun, meski proses perizinan itu sedang dilaksanakan tidak boleh ada kegiatan

Asep juga menduga bahwa dalam pembangunan PT Silver Skyland Indonesia di Cibatu ada kepentingan pribadi, dan mencatat bahwa awalnya Kepala DPMPTSP, Wahyudijaya, memberikan arahan santai terkait investasi. Namun, ia menekankan bahwa aturan harus diikuti, termasuk izin yang sesuai dengan SOP dan tidak boleh tergesa-gesa.

“Keprihatinan terhadap kurangnya dukungan dari pihak berwenang terhadap PT Silver Skyland Indonesia, yang telah mengajukan izin selama setahun setengah hingga dua tahun,” tandas Asep Nurjaman.

Asep meminta pemerintah tidak mendorong pembangunan tanpa izin legalitas yang tepat, dengan menekankan pentingnya mematuhi regulasi demi kepentingan masyarakat Garut yang membutuhkan lapangan kerja.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Bupati/Wakil Bupati Garut Ajak Jurnalis Gelar Mancing Mania

Debitur Bank Mandiri Cabang Garut Ancam Gugatan Hukum