in

Polsek Cikelet: Patroli Mitigasi Bencana Gelombang Pasang dan Angin Kencang

Polsek Cikelet

GARUTEXPO– Kapolsek Cikelet, AKP Usep Heryaman, S.IP., S.Pd.I, bersama anggota, melaksanakan patroli mitigasi di sekitar wilayah pantai selatan Polsek Cikelet, Rabu, 13 Maret 2024. Jam 09.00 WIB.

Patroli tersebut dilakukan sebagai respons atas gelombang pasang dan angin kencang yang terjadi hari ini, Rabu (13/03/2024).

Selama patroli, petugas melakukan pengecekan terhadap situasi akibat tingginya gelombang laut di pesisir pantai selatan.

“Hasil pengecekan kami menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan pada 3 bangunan semi permanen dan saung bambu lesehan di bibir pantai taman Manalusu Desa Cigadog Kecamatan Cikelet, yang diterjang gelombang tinggi air laut,” ungkap Kapolsek Cikelet, AKP Usep.

Akibat gelombang tinggi, air laut naik hingga ke pemukiman warga di pesisir pantai.

“Tercatat sementara 3 bangunan semi permanen mengalami kerusakan parah, termasuk jebolnya tembok bangunan akibat hantaman ombak, dan 4 saung bambu lesehan mengalami kerusakan,” tambah Kapolsek.

Bangunan yang terdampak meliputi tempat penangkaran udang lobster dan bangunan tempat tinggal warga, namun warga berhasil menyelamatkan diri.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kapolsek menegaskan, untuk sementara warga yang memiliki warung lesehan di bibir pantai ditutup sementara dan diamankan di tempat yang lebih aman.

Personil Polsek Cikelet terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kewaspadaan terhadap potensi gelombang pasang yang tinggi, demikian disampaikan oleh AKP Usep.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Akibat Angin Kencang, Dua Rumah Warga di Garut Tertimpa Pohon Tumbang

Kepala Desa Samarang Ajak Perangkatnya Sholat Berjamaah dan Tadarusan