in

Cara Membersihkan Emas agar Tetap Kinclong dan Berkilau

cara Membersihkan Emas

Membersihkan perhiasan emas perlu dilakukan secara berkala agar tampilan emas tersebut tetap kinclong. Untuk itu kamu harus mengetahui cara membersihkan emas agar semua perhiasan yang kamu miliki tetap bersih dan kinclong.

Perhiasan emas yang sering digunakan pasti akan berubah warna karena kotoran yang menumpuk seiring berjalannya waktu. Kotoran tersebut biasanya disebabkan oleh minyak tubuh, make-up dan juga debu yang membuat tampilan emas jadi kehilangan kilauannya.

Untuk membersihkan perhiasan emas tergantung dari seberapa sering kamu menggunakan perhiasan tersebut untuk beraktivitas. Jika kamu sering menggunakan perhiasan emas, sebaiknya kamu membersihkannya sebulan sekali jika perhiasan sudah terlihat kusam atau kotor.

Tips dan Cara Membersihkan Emas

Agar lebih mudah dipahami, berikut cara yang bisa kamu ikuti untuk membersihkan perhiasan emas yang kamu miliki dirumah.

1. Siapkan Cairan Pembersih

cara Membersihkan Emas

Langkah pertama dan cara membersihkan emas adalah menyiapkan cairan pembersihnya. Caranya adalah isi mangkuk kecil dengan air hangat lalu tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring atau cairan pembersih, lalu aduk hingga tercampur rata.

Baca Juga : 7 Bahan Mukena yang Adem dan Nyaman untuk Salat Tarawih dan Ied

2. Rendam Perhiasan yang Kotor

cara Membersihkan Emas

Setelah menyiapkan bahan yang diperlukan, rendam perhiasan pada cairan pembersih yang sudah di buat sebelumnya. Rendam perhiasan tersebut dengan durasi 20 menit, proses perendaman tersebut akan membantu untuk memecah kotoran yang menempel di permukaan perhiasan.

3. Cara Membersihkan Emas dengan Digosok Seperlunya

cara Membersihkan Emas

Menggosok perhiasan yang kamu miliki tidak harus selalu dilakukan atau bersifat situasional tergantung dari kondisi emas. Jika perhiasan sangat kotor, kamu bisa menggosoknya dengan sikat dengan bulu halus agar tidak menggores perhiasan yang sedang kamu bersihkan.

Baca Juga : Memilih Pakaian Olahraga Muslimah yang Stylish dan Syar’i

4. Bilas dan Keringkan

cara Membersihkan Emas

Setelah direndam dan dibersihkan, cara membersihkan emas selanjutnya adalah dibilas dengan menggunakan air biasa. Untuk proses pengeringan sebaiknya jangan menggunakan tissue karena bisa membuat perhiasan kamu jadi baret, agar lebih aman sebaiknya kamu menggunakan kain katun lembut untuk menghindari baretan pada perhiasan.

Itu dia beberapa cara mencuci emas yang bisa kamu lakukan dirumah untuk mendapatkan tampilan perhiasan yang lebih kinclong.

Jangan segan menambah pengetahuanmu tentang fashion dan gaya hidup melalui laman Garutexpo.com.

Terima kasih

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

SMK Kesehatan Bakti Kencana Garut Sukses Gelar Lomba Baris Berbaris Tingkat SD dan SMP Sederajat

Pemkab Garut Apresiasi Peran Pemuda Melalui Pelita Intan Muda