in

Penjabat Bupati Garut Soroti Peran Guru, Orang Tua, dan Tokoh Masyarakat Dalam Webinar Pendidikan

Webinar pendidikan

GARUTEXPO– Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menekankan peran krusial guru sebagai teladan bagi muridnya dalam Webinar Nasional dan Lokakarya Dewan Pendidikan Kabupaten Garut.

Dalam acara bertema “Sinergitas Guru, Orang Tua, dan Tokoh Masyarakat Dalam Mencegah Kekerasan di Lingkungan Pendidikan”, Pj. Bupati mengungkapkan bahwa guru bukan hanya pengajar tetapi juga figur penting yang membentuk karakter anak.

“Sebagai tauladan, guru harus menjadi orang yang super di tempatnya, mengawasi, mendidik, dan membina muridnya,” ujar Pj. Bupati secara virtual, di Hotel Harmoni Kabupaten Garut, Kamis, 28 Februari 2024.

Pentingnya peran orang tua juga disoroti oleh Pj. Bupati, menyebut mereka sebagai modal dasar pendidikan anak. Ia mendorong orang tua memberikan contoh baik dan langkah-langkah untuk membentuk anak yang berkualitas.

Dalam konteks pendidikan, tokoh masyarakat dianggap memiliki pengaruh besar dalam menginspirasi anak-anak. Pj. Bupati menekankan bahwa peran tokoh masyarakat sangat berpengaruh terhadap tatanan kehidupan.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Garut, Maman Rusmana, menyoroti pentingnya kerjasama antara guru, orang tua, dan masyarakat dalam mencegah kekerasan di lingkungan pendidikan.

“Meskipun persentase kekerasan di Kabupaten Garut tidak tinggi, kami terus berupaya meningkatkan komunikasi sebagai langkah pencegahan,” tandasnya.

Webinar ini, yang diikuti oleh 915 peserta dari berbagai daerah dan bahkan luar negeri, merupakan forum penting untuk menyampaikan pengetahuan dan hasil penelitian, serta menghasilkan rekomendasi bagi pemerintah dalam upaya pencegahan kekerasan di sekolah.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

BPJS Ketenagakerjaan Dorong Pemkab Garut untuk Meluaskan Coverage Jamsostek

Garut Mantap Pertahankan Swasti Saba Wistara Hingga 2025